Kamis, 04 Juni 2020

"DATANGNYA IMAM MAHDI 2" By Ust. Abdurrahim

Blog Ki Slamet 42: Guru SMPIT Annur Cimande Menulis
Jumat, 05 Juni 2020 - 06.58 WIB
 
Image "Imam Mahdi" (Foto: Google)
Imam Mahdi
“DATANGNYA IMAM MAHDI 2”
By Ust. Abdurrahim

2.       Ciri-Ciri Imam Mahdi
Imam Mahdi mempunyai ciri-ciri amat banyak antara lain yang paling menonjol adalah dia sengaja dipersiapkan oleh Allah untuk menjadi khalifah dan memimpin umat di akhir zaman dengan cara menganugerahkan kepadanya sifat ‘kesalihan’ dalam semalam. Maksudnya, Allah membenahi hal ihwal keagaannya sehingga ia menjadi Imam Mahdi dalam semalam. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:
“Imam Mahdi berasal dari keturunan kami, Ahlul Bait. Allah akan membenahi hal ihwalnya dalam satu malan.”
(HR. Imam Ahmad dari Ali RA)
Menurut Muslih Abdul Karim, ucapan Rasulullah SAW di atas mengandung dua penfsiran, yaitu sebagai berikut :
1)      Sebelum menjadi Imam Mahdi, ia mempunyai beberapa kekurangan kecil, kemudian Allah SWT mengampuni dosa-dosanya, menunjukkan jalan yang lurus, kemudian menurunkan ilham-ilham kepadanya.
2)      Allah SWT memberinya kesiapan untuk menjadi khalifah Allah dan memimpin umat Islam dalam menghadapi huru-hara dan peperangan terakhir.
Abdul Karim menambahkan bahwa ke-Mahdi-an bukan merupakan usaha Muhammad bin Abdullah dan bukan pula merupakan permintaan darinya. Bahkan, ia mengishlahnya dalam waktu satu malam. Kemudian kaum tersebut membaiatnya di Ka’bah, sedangkan ia sendiri tidak menyukai bai’at itu. Begitu juga, kedatangan Imam Mahdi merupakan ketentuan Allah yang telah tertulis di Lauh Mahfuzh. Jadi, ia pasti datang di akhir zaman, sama seperti kemunculan Dajjal, Ya’juj dan Ma’juj, dan Isa bin Maryam.
Ada pun di antara ciri-ciri fisik yang dijelaskan di dalam hadits adalah sebagaimana sabda Rasulullah SAW :
“Imam Mahdi berasal dari keturunanku, berkening lebar, berhidung panjang, dan mancung...” (HR. Abu Dawud dan Al Hakim dari Abu Sa’id Al-Khudri)
Dalam riwayat lain Rasulullah SAW bersabda: “Imam Mahdi adalah seorang lelaki dari keturunanku, wajahnya seperti bintang yang bercahaya terang...(HR. Nu’aim dari Hudzaifah RA)
Dalam riwayat yang sama Rasulullah SAW bersabda:
“Imam Mahdi adalah seorang lelaki dari keturunanku. Warna kulitnya seperti warna kulit orang Arab dan fisiknya seperti fisik orang Israel.” (Abu Nu’aim dari Hudzaifah RA)
Ciri lainnya adalah asal-usul Imam Mahdi adalah berasal dari keturunan Nabi Muhammad SAW. Sebaggaimana sabda beliau:
“Imam Mahdi berasal dari keluargaku dari anak Fathimah.” (HR. Abu Dawud)
Rasulullah juga bersabda: “Hari kiamat tidak terjadi sebelum seorang lelaki dari ahlul baitku memimpin. Namanya sama dengan namaku.” (HR. Ahmad)
Dalam riwayat lain Rasulullah SAW bersabda: “Seandainya dunia hanya tinggal sehari, Allah pasti akan memanjangkan hari itu sampai Allah mengutus seorang laki-laki dariku, atau dari keluargaku, yang namanya sama dengan namaku dan nama ayahnya sama dengan nama ayahku.”  (HR. Abu Dawud)

~ KSP 42 ~
Kamis, 04 Juni 2020 – 13.30 WIB
R e f e r e ns i :
Ust. Abdurrahim,
‘Dajjal, Imam Mahdi dan Nabi Isya”
Sandro Jaya Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"P U A S A" By Syaikh Abu Malik Kamal bin As Sayyid

http://kertasinga.blogspot.com-Senin, 05 April 2021-13:02 WIB Definisi Shiyam) 1 Shiyam dan shaum secara bahasa adalah menahan diri dari...

"KONTEN ENTRY BLOG"