Guru SMPT-SMAT Annur Cimande Menulis
Kamis, 11 Mei 2017 - 02:58 WIB
A. Kurikulum Islamic Boarding School Annur Cimande
Kamis, 11 Mei 2017 - 02:58 WIB
JL.
CIMANDE HILIR RT.01/09 LEMAH DUHUR CARINGIN BOGOR
Telp.
(0251)8241769,Fax. (0251)2901161
Email:
admin@annur-cimande.com
Website:
www.annur-cimande.com
KURIKULUM
A. Kurikulum Islamic Boarding School Annur Cimande
Kurikulum mengimplementasi
Kurikulum 2013 yang disempurnakan dan disinergikan dengan Kurikulum Islamic Boarding School Annur Cimande demi
terwujudnya pembangunan manusia Indonesia seutuhnya, yang mampu membangun
dirinya serta membangun agama, bangsa dan Negaranya, menuju masyarakat madani
yang kompetitif di era globalisasi.
B.
Tujuan penyusunan Kurikulum Islmic Boarding School.
Penyusunan Kurikulum Islamic
Boarding School Annur Cimande terinspirasi,
oleh motivasi dan konsentrasi kepada tujuan
strategis dan agamis yang kompetitif
yang antara lain sebagai berikut;
1. Meningkatkan kualitas Imtak, iptek
dan akhlak mulia para santri atau peserta didik
2. Meningkatkan potensi bakat dan minat
sesuai dengan tingkat potensi kompetensi santri/peserta didik
Islamic Boarding School Annur Cimande.
3.
Menstimulasi untuk Perkembangan dan kemajuan santri/ peserta didik dalam aspek
ritual,
moral,
Intektual dan vokasional yang handal.
4.
Mengeksplorasi potensi diri santri/peserta didik dan mengedukasinya untuk kompeten dalam
mengimplementasi pengetahuan agama dan berasimilasi dengan kearifan local yang ada di
lingkungan dimana mereka berada.
C. Struktur Kurikulum
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan
pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta
cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk
mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan
pendidikan nasional serta kesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah satuan
pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh Islamic
Boarding School Annur Cimande untuk
memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang
ada di Yayasan Annur Cimande.
Kurikulum Islamic Boarding School Annur
Cimande memberikan khazanah tambahan muatan pada materi pelajaran agama Islam
baik pada pendidikan formal, maupun non
formal melalui kajian kitab diniyah salafiyyah
D. ORIENTASI PEMBINAAN AKHLAQUL
KARIIMAH PARA SANTRI
Pembinaan Akhlaqul kariimah yang
terimplementasi di Islamic Boarding School Annur Cimande terfokus kepada keteladanan
akhlaqul kariimah sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Rosulullooh SAW dan sahabatnya, baik dalam dinamika hidup sebagai umat,
anggota masyarakat, maupun sebagai warga bangsa yang toleran, dan berkearifan.
E. MATA PELAJARAN
Berdasarkan AD, ART Yayasan Annur Cimande bahwa kurikulum Islamic
Boarding School Annur Cimande terdiri
atas tingkatan Tsanawiyah dan Aliyah :
1. Pendidikan
Diniyyah Islamiyyah Tsanawiyah dan Aliyah Assalafiyyah yang meliputi :
a. Theologi Islam/Aqidah dan Akhlaq Tashawuf
b. Tafsir Al-Qur’an
c.
Hadits dan Mustholahul Hadits
d.
Fiqih, dan Ushulul-Fiqh/Ibadah
Syari`ah
e.. Tsaqofah Islamiyah
f.
Siiroh Nabawiyyah
2. Pendidikan
Muatan Lokal :
a. Bahasa Sunda
b.
Bahasa Arab
c.
Ilmu Nahwu dan Shorof
d.
Ilmu Balaghoh. Ma`aani dan Bayaan
e.
Tahsiin dan Tahfiizhul Qur`an
f .
Teknologi Informasi Komputer, ,
3. Pendidikan
Pengembangan diri :
a.
Seni Qiro`atul Qur`an
b.
Hadroh dan Nasyid
c..
Muhadhoroh
d. Seni Kaligrafi
e.
Bimbingan Belajar
4. Pendidikan Pembiasaan
a. Tadarus Qur’an
b. Sholat Tahajjur,
dan Witir
c.
Sholat Dhuha dan Tasbih
d.
Kuliah tujuh menit
e.
Puasa Wajib dan Sunnah
f . English and Arabic conversation
5. Pendidikan Kedisiplinan:
a.
Pembinaan
Disiplin Santri
b.
Penegakan
Tata Tertib Santri
c.
Monitoring
/Inspeksi Mendadak
d.
Membangunkan
Santri untuk sholat tahajjud dan Shubuh
e.
Kewiraan/Wawasan
Kebangsaan
6. Literasi Kitab Salafiy Tingkat Tsanawiyah/SMP :
a.
Kitab Tafsir:
1.
Tafsir Jalaalaiin
2.
Tafsir Yaasiin
b.
Kitab Hadits:
1.
Hadits Arba`in-Nawawiyyah
2.
Hadits Attarghiib Wattarhiib
3.
Al-Muntakhobaat Fil-Mahfuuzhoot
c.
Kitab `Aqiidah Islamiyyah/Theologi Islam
1.
Adduruusul `Aqooidid-diiniyyah
2.
Al-Jawaahirul Kalaamiyyah
d.
Ibaadah Syarii`ah:
1.
Adduruusul-Fiqhiyyah
2.
Matnu Safiinatin-naja
e. Kitab
Akhlaaq:
1.
Akhlaaq Lil-Baniin
2.
Akhlaaq Lil-Banaat
f.
Kitab Lughotil ‘Arobiyyah:
1.
Ta`limul-lughotil ‘Arobiyyah
2.
Al-Muthoola`atul Jadiidah Lil-Athfaal
3.
Ta’liimul-Lughotil ‘Arobiyyah Atssaqoofiyyah
4.
Al-Muhaadatsah/Al-Arobiyyah
g.
Kitab Ilmu Nahwu/Gramatika Arab:
1.
Annahwu Was-sorf Atssaqoofiyyah
2.
Matan Al-Ajrumiyyah
7. Literasi Kitab Salafiy Tingkat Aliyah/SMA :
a.
Kitab Tafsir:
1.
Tafsir Jalaalaiin
2.
Tafsir Shoowi
b.
Kitab Hadits:
1.
Riyaadus-Shoolihiin
3.
Al-Jaami’us-Shoghiir
2.
Mukhtaarul-Ahaadiitsin-Nabawiyyah
c.
Kitab `Aqiidah Islamiyyah/Theologi Islam
1.
Tiijaanud-darori
2.
Al-Hushuunul Hamiidiyyah
d.
Ibaadah Syarii`ah:
1.
Kifaayatul Akhyaar
2.
Matnul Ghooyah Wat-taqriib
e.
Kitab Akhlaaq:
1. Taysiirul Khollaaq
2. Bidaayatul Hidaayah
f.
Kitab Lughotil ‘Arobiyyah:
1.
Al-qirooatur-Rosyiidah Al-Arobiyyah
2.
Al-Muthoola`atul Jadiidah Lil-Athfaal
3.
Ta’liimul-Lughotil ‘Arobiyyah Atssaqoofiyyah
4.
Al-Muhaawaroh Al-Hadiitsah Bil-lughotil-Arobiyyah
g.
Kitab Ilmu Nahwu dan shorf/Ilmu Gramatika dan Lingustik Arab:
1.
Annahwu Was-sorf Atssaqoofiyyah
2.
Syarah Mukhtashor jiddan
3.
Annahwul-Waadhih
4.
Matan Kailaani
4.
Al-Balaaghotul Wadhihah
h.
Kitab Taariikh Islam:
1.
Khulaashoh Nuurul Yaqiin
2.
Nuurul Yaqiin
3.
Qishoshul Ambiya’
F.
STRUKTUR KURIKULUM SMP-SMA TERPADU
ISLAMIC BOARDING SCHOOL ANNUR
CIMANDE
No
|
Mata Pelajaran
|
Kelas
|
||||||||||||||||||
VII
|
VIII
|
IX
|
X
IPS/IPA
|
XI IPS
|
XI IPA
|
XII IPS
|
XII IPA
|
JML
|
||||||||||||
S1
|
S2
|
S1
|
S2
|
S1
|
S2
|
S1
|
S2
|
S1/S2
|
S1-S2
|
S1
|
S2
|
S1
|
S2
|
S1
|
S2
|
S1
|
S2
|
|||
1.
|
Pendidikan
Agama dan Buket
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3-3
|
3-3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
12
|
2.
|
PPKn
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2-2
|
2-2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
8
|
3.
|
Bahasa Indonesia
|
6
|
6
|
6
|
6
|
6
|
6
|
6
|
6
|
4-4
|
4-4
|
4
4
|
4
4
|
4
4
|
4
4
|
20
|
||||
4.
|
Matematika
|
5
|
5
|
5
|
5
|
5
|
5
|
5
|
5
|
7-7
|
8-8
|
8 8
|
8 8
|
8 8
|
8 8
|
25
|
||||
5.
|
IPA/Sejarah
Indonesia
|
5
|
5
|
5
|
5
|
5
|
5
|
5
|
5
|
5-5
|
5-5
|
6
|
6
|
6
|
6
|
6
|
6
|
6
|
6
|
20
|
6.
|
IPS
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
8
|
||||||||||
7.
|
Bhs.
Inggris
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4-4
|
4-4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
16
|
8.
|
Seni
Budaya
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2-2
|
2-2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
10
|
7.
|
Penjasorkes
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3-3
|
3-3
|
3 3
|
3 3
|
3 3
|
3 3
|
12
|
||||
8.
|
Prakarya
dan Kewirausahaan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2-2
|
2-2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
8
|
9.
|
BP/BK
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1-1
|
1-1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
4
|
10.
|
Geografi/Biologi
|
3-3
|
3-3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
6
|
||||||||
11.
|
Sosiologi/Fisika
|
3-3
|
3-3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
6
|
||||||||
12.
|
Ekonomi/Kimia
|
3-3
|
3-3
|
4 4
|
4 4
|
4 4
|
4 4
|
28
|
||||||||||||
13.
|
Bahasa Daerah (BahasaSunda)
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1-1
|
1-1
|
1
1
|
1 1
|
1 1
|
1-1
|
4
|
||||
14.
|
Bahasa
Arab
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2-2
|
2-2
|
2 -2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
8
|
||||
15.
|
Bahasa
Arab/Insya’
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1-1
|
1-1
|
1 -1
|
1-1
|
1-1
|
1-1
|
4
|
||||
16.
|
Tafsir
Al-Qur’an
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
8
|
||||
17.
|
Hadits
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
8
|
||||
18.
|
Aqiidah
Islamiyah/Ilmu Tauhid
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
8
|
||||
19.
|
Akhlaq/Tashowwuf
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
8
|
||||
20.
|
Ibadah
Syari’ah/Ilmu Fiqh
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
8
|
||||
21.
|
Muthoola’ah
dan Muhaadatsah
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
8
|
||||
22.
|
Ilmu Nahwu
dan Shorof
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
8
|
||||
23.
|
Ilmu
Balaghof,Ma’aani, Bayan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
8
|
||||
24.
|
Tahsiin
dan Tahfiizhul-qur’aan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
8
|
||||
25.
|
Taariikh
Islam
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
8
|
||||
26.
|
Mahfuudhoot
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
8
|
||||
27.
|
Muhaadhoroh
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
2-2
|
8
|
||||
28.
|
Belajar
Bersama dan Sendiri
|
|||||||||||||||||||
Jumlah Jam/minggu
|
66
|
66
|
66
|
66
|
66
|
66
|
66
|
66
|
70
|
71
|
74
|
74
|
74
|
74
|
74
|
74
|
74
|
74
|
295
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar