Rabu, 10 Mei 2017

KURIKULUM ISLAMIC BOARDING SCHOOL ANNUR CIMANDE By Drs. H. Abdul Mukti, AS. MM

Guru SMPT-SMAT Annur Cimande Menulis
Kamis, 11 Mei 2017 - 02:58 WIB


Image "Drs. H. Abdul Mukti, AS. MM ( Foto: SP)
Drs. H. Abdul Mukti, AS. MM ( Kepala Sekolah )

KURIKULUM ISLAMIC BOARDING SCHOOL ANNUR CIMANDE

JL. CIMANDE HILIR RT.01/09 LEMAH DUHUR CARINGIN BOGOR
Telp. (0251)8241769,Fax. (0251)2901161
Website: www.annur-cimande.com

KURIKULUM

A. Kurikulum  Islamic Boarding School Annur Cimande
 
    Kurikulum  mengimplementasi Kurikulum 2013 yang disempurnakan dan disinergikan dengan Kurikulum  Islamic Boarding School Annur Cimande demi terwujudnya pembangunan manusia Indonesia seutuhnya, yang mampu membangun dirinya serta membangun agama, bangsa dan Negaranya, menuju masyarakat madani yang kompetitif di era globalisasi.  

B. Tujuan penyusunan Kurikulum Islmic Boarding School.

      Penyusunan Kurikulum Islamic Boarding School  Annur Cimande terinspirasi, oleh motivasi dan konsentrasi kepada  tujuan strategis dan agamis  yang kompetitif yang antara lain  sebagai berikut;

1. Meningkatkan kualitas Imtak, iptek dan akhlak mulia para santri atau peserta didik
2. Meningkatkan potensi bakat dan minat sesuai dengan tingkat potensi kompetensi santri/peserta didik
     Islamic  Boarding School  Annur Cimande.
3. Menstimulasi untuk Perkembangan dan kemajuan santri/ peserta didik dalam aspek ritual,
    moral,  Intektual dan vokasional yang handal.
4. Mengeksplorasi potensi diri santri/peserta didik  dan mengedukasinya untuk kompeten dalam 
    mengimplementasi pengetahuan agama dan  berasimilasi dengan kearifan local yang ada di
    lingkungan dimana mereka berada.

C. Struktur Kurikulum

     Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan,    isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh Islamic Boarding School Annur  Cimande untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di Yayasan Annur Cimande.


     Kurikulum Islamic Boarding School Annur Cimande  memberikan khazanah  tambahan muatan pada materi pelajaran agama Islam baik pada pendidikan formal, maupun  non formal melalui kajian kitab diniyah salafiyyah

D.    ORIENTASI PEMBINAAN AKHLAQUL KARIIMAH PARA SANTRI

       Pembinaan Akhlaqul kariimah yang terimplementasi di Islamic Boarding School Annur Cimande terfokus kepada keteladanan akhlaqul kariimah sebagaimana yang telah dicontohkan oleh  Rosulullooh SAW dan sahabatnya,  baik dalam dinamika hidup sebagai umat, anggota masyarakat, maupun sebagai warga bangsa yang toleran, dan  berkearifan.

E.    MATA PELAJARAN

      Berdasarkan  AD, ART Yayasan Annur Cimande bahwa kurikulum Islamic Boarding School Annur Cimande  terdiri atas tingkatan Tsanawiyah dan Aliyah :

1.      Pendidikan Diniyyah Islamiyyah Tsanawiyah dan Aliyah Assalafiyyah  yang meliputi :
    a.    Theologi Islam/Aqidah dan Akhlaq Tashawuf
    b.       Tafsir Al-Qur’an
    c.       Hadits dan Mustholahul Hadits
    d.       Fiqih, dan Ushulul-Fiqh/Ibadah Syari`ah
    e..     Tsaqofah Islamiyah
    f.    Siiroh Nabawiyyah

2.      Pendidikan Muatan Lokal :

    a.    Bahasa Sunda
    b.    Bahasa Arab
    c.    Ilmu Nahwu dan Shorof
    d.    Ilmu Balaghoh. Ma`aani dan Bayaan
    e.    Tahsiin dan Tahfiizhul Qur`an
    f .   Teknologi Informasi Komputer, ,

3. Pendidikan  Pengembangan diri :
    a.       Seni Qiro`atul Qur`an
    b.    Hadroh dan Nasyid
    c..   Muhadhoroh 
    d.    Seni Kaligrafi
    e.    Bimbingan Belajar

4. Pendidikan Pembiasaan
      a.       Tadarus Qur’an
    b.    Sholat Tahajjur, dan Witir
    c.       Sholat Dhuha dan Tasbih
    d.    Kuliah tujuh menit
    e.    Puasa Wajib dan Sunnah
    f .      English and Arabic conversation

5. Pendidikan Kedisiplinan:
a.       Pembinaan Disiplin  Santri
b.      Penegakan Tata Tertib Santri
c.       Monitoring /Inspeksi Mendadak
d.      Membangunkan Santri untuk sholat tahajjud dan Shubuh
e.       Kewiraan/Wawasan Kebangsaan

6. Literasi Kitab Salafiy Tingkat Tsanawiyah/SMP :                                        
    a.   Kitab  Tafsir:
          1.  Tafsir Jalaalaiin
          2.   Tafsir Yaasiin

    b.   Kitab Hadits:
          1.   Hadits Arba`in-Nawawiyyah
          2.   Hadits Attarghiib Wattarhiib
          3.   Al-Muntakhobaat Fil-Mahfuuzhoot
         
    c.   Kitab `Aqiidah Islamiyyah/Theologi Islam
          1.   Adduruusul `Aqooidid-diiniyyah
          2.   Al-Jawaahirul Kalaamiyyah

    d.   Ibaadah Syarii`ah:
          1.   Adduruusul-Fiqhiyyah
          2.   Matnu Safiinatin-naja

    e.   Kitab Akhlaaq:
          1.   Akhlaaq Lil-Baniin
          2.   Akhlaaq Lil-Banaat

    f.   Kitab Lughotil ‘Arobiyyah:
          1.   Ta`limul-lughotil ‘Arobiyyah
          2.   Al-Muthoola`atul Jadiidah Lil-Athfaal
          3.   Ta’liimul-Lughotil ‘Arobiyyah Atssaqoofiyyah
          4.   Al-Muhaadatsah/Al-Arobiyyah

    g.   Kitab Ilmu Nahwu/Gramatika Arab:
          1.   Annahwu Was-sorf Atssaqoofiyyah
          2.   Matan Al-Ajrumiyyah  

7. Literasi Kitab Salafiy Tingkat Aliyah/SMA :  
                       
    a.   Kitab  Tafsir:
          1.  Tafsir Jalaalaiin
          2.   Tafsir Shoowi

    b.   Kitab Hadits:
          1.   Riyaadus-Shoolihiin
          3.   Al-Jaami’us-Shoghiir
          2.   Mukhtaarul-Ahaadiitsin-Nabawiyyah

    c.   Kitab `Aqiidah Islamiyyah/Theologi Islam
          1.   Tiijaanud-darori
          2.   Al-Hushuunul Hamiidiyyah 

    d.   Ibaadah Syarii`ah:
          1.   Kifaayatul Akhyaar
          2.   Matnul Ghooyah Wat-taqriib

    e.   Kitab Akhlaaq:
          1.   Taysiirul Khollaaq
          2.   Bidaayatul Hidaayah

    f.   Kitab Lughotil ‘Arobiyyah:
          1.   Al-qirooatur-Rosyiidah Al-Arobiyyah
          2.   Al-Muthoola`atul Jadiidah Lil-Athfaal
          3.   Ta’liimul-Lughotil ‘Arobiyyah Atssaqoofiyyah
          4.   Al-Muhaawaroh Al-Hadiitsah Bil-lughotil-Arobiyyah

    g.   Kitab Ilmu Nahwu dan shorf/Ilmu Gramatika dan Lingustik Arab:
          1.   Annahwu Was-sorf Atssaqoofiyyah
          2.   Syarah Mukhtashor  jiddan
          3.   Annahwul-Waadhih
          4.   Matan Kailaani
          4.   Al-Balaaghotul Wadhihah
   
     h.  Kitab Taariikh Islam:
          1.   Khulaashoh Nuurul Yaqiin
          2.   Nuurul Yaqiin
          3.   Qishoshul Ambiya’


F.  STRUKTUR KURIKULUM SMP-SMA TERPADU
ISLAMIC BOARDING SCHOOL ANNUR CIMANDE

No
Mata Pelajaran
Kelas
VII
VIII
IX
X
IPS/IPA
XI IPS
XI IPA
XII IPS
XII IPA
JML
S1
S2
S1
S2
S1
S2
S1
S2
S1/S2
S1-S2
S1
S2
S1
S2
S1
S2
S1
S2
1.
Pendidikan Agama dan Buket
3
3
3
3
3
3
3
 3
3-3
3-3
3
3
3
3
 3
3
3
3
 12
2.
PPKn
2
2
2
2
2
2
2
 2
2-2
2-2
2
2
2
2
2
2
2
2
   8
3.
Bahasa Indonesia
6
6
6
6
6
6
6
6
4-4
4-4
 4   4
 4   4
 4   4
 4   4
20
4.
Matematika
5
5
5
5
5
5
5
5
7-7
8-8
 8   8
 8   8
 8   8
 8   8
25
5.
IPA/Sejarah Indonesia
5
5
5
5
5
5
5
5
5-5
5-5
6
6
6
6
6
6
6
6
20
6.
IPS
4
4
4
4
4
4
4
4
8
7.
Bhs. Inggris
4
4
4
4
4
4
4
4
4-4
4-4
 4
 4
4
4
 4
 4
4
4
16
8.
Seni Budaya
  3
 3
 3
 3
 3
 3
 3
 3
2-2
2-2
 2
 2
2
2
 2
 2
2
2
10
7.
Penjasorkes
3
3
3
3
3
3
3
3
3-3
3-3
 3   3
 3   3
 3   3
 3   3
12
8.
Prakarya dan Kewirausahaan
2
2
2
2
2
2
2
2
2-2
2-2
2
2
2
2
2
2
2
2
8
9.
BP/BK
1
1
1
1
1
1
1
1
1-1
1-1
1
1
 1
 1
1
1
 1
 1
4
10.
Geografi/Biologi








3-3
3-3
4
4
 4
 4
4
4
 4
 4
6
11.
Sosiologi/Fisika
3-3
3-3
4
4
 4
 4
4
4
 4
 4
6
12.
Ekonomi/Kimia








3-3
3-3
 4   4
 4   4
 4   4
 4   4
28
13.
Bahasa Daerah (BahasaSunda)
1
1
1
1
1
1
1
1
1-1
1-1
 1   1
1 1
1 1
1-1
4
14.
Bahasa Arab
2
2
2
2
2
2
2
2
2-2
2-2
 2 -2
2-2
2-2
2-2
8
15.
Bahasa Arab/Insya’
1
1
1
1
1
1
1
1
1-1
1-1
 1 -1
1-1
1-1
1-1
4
16.
Tafsir Al-Qur’an
2
2
2
2
2
2
2
2
2-2
2-2
  2-2
2-2
2-2
2-2
8
17.
Hadits
2
2
2
2
2
2
2
2
2-2
2-2
  2-2
2-2
2-2
2-2
8
18.
Aqiidah Islamiyah/Ilmu Tauhid
2
2
2
2
2
2
2
2
2-2
2-2
  2-2
2-2
2-2
2-2
8
19.
Akhlaq/Tashowwuf
2
2
2
2
2
2
2
2
2-2
2-2
2-2
  2-2
2-2
2-2
8
20.
Ibadah Syari’ah/Ilmu Fiqh
2
2
2
2
2
2
2
2
2-2
2-2
2-2
  2-2
2-2
2-2
8
21.
Muthoola’ah dan Muhaadatsah
2
2
2
2
2
2
2
2
2-2
2-2
2-2
  2-2
2-2
2-2
8
22.
Ilmu Nahwu dan Shorof
2
2
2
2
2
2
2
2
2-2
2-2
  2-2
2-2
2-2
2-2
8
23.
Ilmu Balaghof,Ma’aani, Bayan
2
2
2
2
2
2
2
2
2-2
2-2
2-2
  2-2
2-2
2-2
8

















24.
Tahsiin dan Tahfiizhul-qur’aan
2
2
2
2
2
2
2
2
2-2
2-2
2-2
  2-2
2-2
2-2
8
25.
Taariikh Islam
2
2
2
2
2
2
2
2
2-2
2-2
2-2
  2-2
2-2
2-2
8
26.
Mahfuudhoot
2
2
2
2
2
2
2
2
2-2
2-2
2-2
  2-2
2-2
2-2
8
27.
Muhaadhoroh
2
2
2
2
2
2
2
2
2-2
2-2
2-2
  2-2
2-2
2-2
8
28.
Belajar Bersama dan Sendiri















Jumlah Jam/minggu
66
66
66
66
66
66
66
66
70
71
74
74
74
74
74
74
74
74
295

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"P U A S A" By Syaikh Abu Malik Kamal bin As Sayyid

http://kertasinga.blogspot.com-Senin, 05 April 2021-13:02 WIB Definisi Shiyam) 1 Shiyam dan shaum secara bahasa adalah menahan diri dari...

"KONTEN ENTRY BLOG"