Senin, 01 Juni 2020

"DATANGNYA IMAM MAHDI" By Ust. Abdurrahim

Blog Ki Slamet 42: Guru SMPIT Annur Cimande Menulis
Selasa, 02 Juni 2020 - 09.05 WIB

Image "Imam Mahdi" ( Foto: Google )
Imam Mahdi
 “DATANGNYA IMAM MAHDI 1”
By Ust. Abdurrahim

1.           Siapakah Imam Mahdi ?
Kononlah cerita setelah Dajjal muncul ke dunia, di  hari  terakhir  menjelang  hari  kiamat  akan  tiba, muncul seorang pemimpin yang bernama Imam Mahdi. Dia memimpin umat muslim untuk melawan Dajjal si perusak dunia.
Nama  ‘Al-Mahdi’ menurutlah  arti  kata  bahasa berarti orang yang diberi petunjuk oleh Sang Maha Pencipta, sedangkan dalam bidang kepemimpinan dan kenegaraan. Kata ‘Al-Mahdi’mempunyai makna adalah pemimpin yang taat melaksanakan syariat agama  berdasar  perintah Allah, dan dia berlaku adil kepada seluruh rakyatnya tanpa  membeda-beda.
Jika kita menilai pemimpin berdasarkan makna ini maka tentu akan banyaklah kita temukan para pemimpin adil yang diberi petunjuk  oleh Allah Sang Maha Pencipta. Pemimpin dengan kriteria seperti ini banyak ditemukan di sepanjang sejarah keemasan Ilam. Mereka semua dapat dikategorikan Al-Mahdi. Sebab mereka memimpin berdasarkan syariat Allah dan menegakkan keadilan di muka bumi. Tetapi, yang dimaksud dalam pembalasan ini adalah Imam Mahdi yang keluar di akhir zaman bersamaan dengan turunnya Isa Al-Masih.
Nama Imam Mahdi yang diberitakan Raulullah SAW akan muncul di akhir zaman adalah sama dengan nama Rasulullah SAW yaitu Muhammad. Begitu pula, nama ayahnya sama dengan nama Rasulullah SAW, yaitu Abdullah. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW :
“Seandainya dunia hanya tinggal sehari, Allah pasti akan memanjangkan hari itu sampai Allah mengutus seorang laki-laki dariku, atau dari keluargaku, yang namanya sama dengan namaku, dan nama ayahnya sama dengan nama ayahku.” (HR. Abu Daud)
Dia itulah Imam Mahdi Akbar yang akan muncul pada akhir zaman. Tetapi, Imam Mahdi yang menurut makna bahasa telah dan akan terus bermunculan. Sebagaimana Ibnu Taimiyah mengatakan,’Imam Ahmad di dalah salah satu dari dua darinya dan riwayat lain, berpendapa bahwa Umar bin Abdul Aziz termasuk Imam Mahdi (para pemimpin yang mendapat petunjuk).Tidak diragukan bahwa ia adalah seorang yang mendapat petunjuk. Tetapi, ia bukan Imam Mahdi yang akan keluar di akhir zaman.
Jadi, Imam Mahdi di sisi kebaikan dan petunjuk, sama seperti Dajjal di sisi kejahatan dan kesesatan. Di samping Dajjal Akbar yang memiliki keanehan-keanehan, ada pula Dajjal-Dajjal kecil yang memiliki sifat pendusta. Begitu pula, di samping pemimpin Imam Mahdi Akbar, ada pula pemimpin-pemimpin mahdi rasyid (mendapatkan petunjuk dan arahan dari Allah).”
Imam Mahdi Akbar yang akan muncul pada akhir zaman adalah seorang pria agung yang berperilaku dan berbudi pekerti seperti Rasulullah SAW. Hal ini sebagaimana hadits dari Ali bin Abi thalib RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda:
“Imam Mahdi itu menyerupai Rasulullah SAW dalam hal budi pekertinya. Tetapi, tidak menyamai dalam bentuk rupa atau bentuk tubuhnya, yakni tidak serupa perihal sifat-sifat badaniahnyanya.” (HR. Abu Daud)

~ KSP 42 ~
Selasa, 02 Juni Mei 2020 – 08.49 WIB
R e f e r e ns i :
Ust. Abdurrahim,
‘Dajjal, Imam Mahdi dan Nabi Isya”
Sandro Jaya Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"P U A S A" By Syaikh Abu Malik Kamal bin As Sayyid

http://kertasinga.blogspot.com-Senin, 05 April 2021-13:02 WIB Definisi Shiyam) 1 Shiyam dan shaum secara bahasa adalah menahan diri dari...

"KONTEN ENTRY BLOG"