kertasinga.blogspot.com
Guru SMPIT Annur Cimande Menulis
Senin,27 Agustus 2018 - 03:09 WIB
Guru SMPIT Annur Cimande Menulis
Senin,27 Agustus 2018 - 03:09 WIB
S a t u a n P e n d i d i k a n : SMPIT
Annur Cimande
K e l a s : VII
KOMPETENSI INTI :
KI 1 : Menerima, menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 : Menghargai perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri,
dan motivasi internal, toleransi, pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam
berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penomena dan
kejadian yang tampak mata.
KI 4: Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung,
dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai
sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Menerima,
menanggapi dan menghargai
keragaman dan keunikan karya
seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan
1.1Menunjuk
kan sikap menghargai,
jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2Menunjukkan sikap bertanggung jawab,
peduli, dan santun terhadap karya seni
rupa dan pembuatnya
2.3Menunjukkan sikap percaya diri , motivasi internal ,
kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1Memahami konsep dan prosedur penerapan ragam hias pada bahan tekstil
4.1Menerapkan ragam
hias pada bahan tekstil
|
Menggambar flora, fauna dan benda alam
|
⍟Mengamati
·
Melihat gambar flora, fauna dan benda alam
·
Membaca buku tentang konsep dan prosedur menggambar flora, fauna
dan benda alam
⍟Menanyakan
·
Menanyakan cara menggambar flora, fauna dan benda alam
·
Menanyakan
makna gambar pada flora, fauna dan benda alam di
masyarakat
⍟Mengeksplorasi
·
Menghubungkan antara konsep dan prosedur menggambar flora, fauna, benda alam dengan budaya setempat
·
Mencari
konsep dan prosedur menggambar flora, fauna dan benda alam
dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
⍟Mengasosiasi
·
Menunjukkan makna yang terkandung pada gambar flora, fauna dan benda alam dalam
kehidupan sosial budaya di masyarakat
·
Membandingkan
konsep dan prosedur menggambar flora, fauna
dan benda alam yang berkembang dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
Komunikasi
·
membuat
gambar flora,
fauna dan benda alam
·
menyampaikan hasil
pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
· mempresentasikan secara lisan atau tulisan
mengenai karya yang dikerjakan
|
Tugas.
membuat ringkasan
tentang gambar flora, fauna dan benda alam
Observasi
format pengamatan skala sikap
Produk
gambar flora, fauna dan benda alam
|
3 JP
|
-Buku Paket Seni Budaya Kelas VII
-Buku-buku lain yang relevan
Informasi melalui internet
-Pameran karya seni Rupa
|
1.1 Menerima, menanggapi dan
menghargai keragaman dan keunikan karya seni rupa sebagai bentuk
rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui
aktivitas berkesenian
2.2Menunjukkan
sikap bertanggung jawab, peduli, dan santun
terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3Menunjukkan
sikap percaya diri , motivasi internal
, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1Memahami konsep dan prosedur penera-pan ragam hias
pada bahan kayu
Menerap-kan ragam hias
pada bahan kayu
|
ragam hias flora dan fauna serta geometrik
|
⍟Mengamati
· Melihat gambar ragam
hias flora dan fauna serta geometrik
· Membaca
buku tentang konsep dan prosedur menggambar
ragam hias flora dan fauna serta geometrik .
⍟Menanyakan
· Menanyakan
cara menggambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
· Menanyakan makna
gambar ragam hias flora dan
fauna serta geometrik
⍟Mengeksplorasi
·
Mendiskusikan konsep dan prosedur menggambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·
Mencari makna ragam hias flora dan fauna
serta geometrik
⍟Mengasosiasi
·
Menghubungkan antara konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik dengan budaya
setempat
·
Membandingkan konsep dan prosedur
gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik yang berkembang dalam
kehidupan sosial budaya di masyarakat
⍟Komunikasi
·
mengambar ragam hias flora dan fauna serta
geometrik
·
menyampaikan hasil pengumpulan dan
simpulan informasi yang diperoleh
·
mempresentasikan jawabkan secara lisan
atau tulisan mengenai
karya
yang dikerjakan
|
Tugas.
membuat kritik seni secara sederhana
minimum 100 kata tentang gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Observasi
format pengamatan skala
sikap
Produk
gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
|
3 JP
|
·
Buku Paket Seni Budaya Kelas VII
·
Buku-buku lain yang relevan
· Informasi
melalui internet
·
Pameran karya seni Rupa
|
ragam hias pada bahan
tekstil
|
⍟Mengamati
· Melihat gambar ragam
hias flora dan fauna serta geometrik
· Membaca
buku tentang konsep dan prosedur menggambar
ragam hias flora dan fauna serta geometrik
⍟Menanyakan
· Menanyakan
cara menggambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
· Menanyakan
makna
gambar ragam hias flora dan
fauna serta geometrik
⍟Mengeksplorasi
·
Mendiskusikan konsep dan prosedur menggambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·
Mencari makna ragam hias flora dan fauna
serta geometrik
⍟Mengasosiasi
·
Menghubungkan antara konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik dengan budaya
setempat
·
Membandingkan konsep dan prosedur
gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik yang berkembang dalam
kehidupan sosial budaya di masyarakat
Komunikasi
·
membuat kriya tekstil dengan motif ragam
hias
·
menyampaikan hasil pengumpulan dan
simpulan informasi yang diperoleh
·
mempresentasikan secara lisan atau tulisan
mengenai karya yang dikerjakan
|
Tugas.
membuat
ringkasan tentang kriya tekstil dengan motif ragam hias
Observasi
format
pengamatan skala sikap
Produk
kriya tekstil dengan motif ragam hias
|
3 JP
|
·
Buku Paket Seni Budaya Kelas VII
·
Buku-buku lain yang relevan
·
Informasi melalui internet
·
Pameran karya seni Rupa
|
|
4.1.
|
ragam hias pada bahan kayu
|
⍟Mengamati
·
Melihat gambar ragam hias flora dan fauna serta
geometrik
·
Membaca buku tentang konsep dan prosedur menggambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
⍟Menanyakan
·
Menanyakan cara menggambar
ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·
Menanyakan
makna gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
⍟Mengeksplorasi
·
Mendiskusikan konsep dan prosedur menggambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·
Mencari makna ragam hias flora dan fauna serta
geometrik
⍟Mengasosiasi
·
Menghubungkan antara konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik dengan budaya
setempat
⍟Membandingkan konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik yang
berkembang dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
⍟Komunikasi
·
membuat
kriya kayu dengan motif ragam hias
· menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
· mempresentasikan secara lisan atau
tulisan
mengenai karya yang dikerjakan
|
Tugas.
membuat kritik seni secara sederhana
minimum 100 kata tentang kriya kayu dengan
motif ragam hias
Observasi
format pengamatan skala sikap
Produk
kriya kayu dengan motif ragam hias
|
5 JP
|
·
Buku Paket Seni Budaya Kelas VII
·
Buku-buku lain yang relevan
·
Informasi melalui internet
·
Pameran karya seni Rupa
|
Catatan : Apa yang tertulis di atas hanya sebagai
acuan bagi guru untuk memilih sumber belajar dan dapat disesuaikan dengan
kondisi masing-masing sekolah!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar