kertasinga.blogspot.com
Guru SMPIT Annur Cimande Menulis
Jumat, 24 Agustus 2018 - 04:15 WIB
Guru SMPIT Annur Cimande Menulis
Jumat, 24 Agustus 2018 - 04:15 WIB
Guru-guru SMPIT Annur Foto Bersama Kepala Sekolah (tengah) |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 1 )
Satuan Pendidikan : SMPT Annur Cimande
Mata Pelajaran : Seni Budaya ( Seni Musik )
Kelas / Semester :
VII (Satu) / 1
Topik : Teknik
Vokal dalam Bernyanyi Lagu secara Unisono
Alokasi Waktu : 3
X 40 menit ( 1 kali pertemuan )
Pertemuan : Ke 1
( S a t u )
A. KOMPETENSI INTI
KI 1
: Menerima,
menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghargai
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu,
percaya diri, dan motivasi internal, toleransi, pola hidup sehat, ramah
lingkungan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata
KI 4 : Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber
lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori
B. KOMPETENSI DASAR
1.1 Menerima, menanggapi, dan menghargai
keragaman dan keunikan karya seni musik sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap menghargai, jujur,
disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab,
peduli, dan santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi
internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1 Memahami teknik vokal dalam bernyanyi lagu
secara unisono.
4.1 Menyanyikan lagu secara unisono
C. INDIKATOR
þ Peserta didik dapat memahami cara bernyanyi unisono
þ Peserta didik memahami Lagu-lagu daerah merupakan
kekayaan dan warisan budaya Indonesia.
þ Peserta didik
dapat memahami teknik vokal dan
teknik pernafasan yang baik
þ Peserta didik
dapat bernyanyi dan berlatih vokal
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
þ Pada pelajaran Bab 5, peserta didik diharapkan peduli dan
melakukan aktivitas berkesenian, yaitu:
1. mencintai keragaman warisan budaya terutama lagu-lagu
dan musik daerah,
2. memperhatikan kesehatan berkaitan dengan organ suara
manusia,
3. menyanyikan lagu dengan melatih teknik vokal, dan
4. menyanyikan lagu daerah sesuai dengan gaya dan isi
lagu.
E. MATERI PEMBELAJARAN
þ Bernyanyi secara Unisono
F. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Metode : Observasi dan diskusi
Model : Problem Based Learning
G. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
þ Alat & Media : Not Nada, CD/DVD, TV, Buku Lagu
þ Sumber Belajar : Buku guru/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013
H. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Tahapan pokok
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi siswa pada
masalah
|
þ
Kegiatan awal pembelajaran, peserta didik dan guru dapat melakukan
aktivitas berikut:
a. mengamati
melalui media dan sumber belajar baik berupa bunyi/lagu yang diperdengarkan,
maupun audio-visual tentang paduan suara, penyanyi solo, dari berbagai macam
jenis dan aliran musik,
b. menanyakan
melalui diskusi baik kelompok kecil kelompok besar tentang teknik vokal dalam
bernyanyi secara unisono.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengorganisasi siswa dalam belajar
|
þ
Kegiatan inti, peserta didik dan guru dapat melakukan aktivitas
pembelajaran berikut:
a. mengeksplorasi
pernapasan, pembentukan suara, dan berlatih vokal menyanyikan lagu secara
unisono.
b. mengasosiasi
teknik vokal dengan teknik bermain alat musik.
|
60 Menit
|
Penutup
|
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
þ
Guru dapat melakukan evaluasi dan refleksi pada setiap pertemuan.
Kegiatan evaluasi dan refleksi menekankan pada tiga aspek yaitu: pengetahuan
yang telah diperoleh, menghubungkan sikap dengan materi pembelajaran, dan
kemampuan praktik menyanyikan lagu secara unisono. Pada kegiatan refleksi,
peserta didik sudah bisa menyimpulkan, menemukan kesulitan dan mengatasinya, menemukan keindahan dan
keunikan berlatih menyanyi dengan teknik vokal ketika bernyanyi secara
unisono.
|
20 Menit
|
I. PENILAIAN
A. Metode dan Bentuk Instrumen
1. Penilaian Seni Musik (Praktik Menyanyi)
Nama Peserta didik :
Kelas :
Praktik :
P e t u n j u k :
Berilah tanda X (silang) pada angka 1, 2, 3, 4, atau 5
sesuai dengan pengamatanmu!
No.
|
Indikator Penilaian
|
Skor Maksimum
|
Nilai
|
1.
|
Mengucapkan lirik lagu sesuai dengan
bentuk mulut
|
20
|
|
2.
|
Membedakan
tinggi dan rendah nada
|
20
|
|
3.
|
Memiliki
pernapasan diagframa
|
20
|
|
4.
|
Mengekspresikan
nyanyian
|
20
|
|
5.
|
Memiliki
harmonisasi
|
20
|
|
Jumlah
|
100
|
|
2.
Penilaian Sikap
Unsur-unsur Penilaian Perilaku
|
Skor Maksimum (9)
|
||
Peduli
(Skor 3)
|
Disiplin
(Skor 3)
|
Kerjasama
(Skor3)
|
|
|
|
|
|
Nilai : Skor
perolehan/skor maksimum x 100
Mengetahui
Kepala Sekolah,
(Drs. H. Abdul Mukti AS, MM )
|
|
Bogor,
16 Juli 2018
Guru Mapel Seni Budaya
( Drs. Slamet Priyadi )
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP 2 )
Satuan Pendidikan : SMPT Islamic Boarding School Annur
Cimande
Mata Pelajaran : Seni Budaya ( Seni Musik )
Kelas / Semester :
VII (Satu) / 1
Topik : Teknik
Bermain Musik Ansambel Sederhana
Alokasi Waktu : 3
X 40 menit ( 1 kali pertemuan )
Pertemuan : Ke
2 ( dua )
A. KOMPETENSI INTI
KI 1
: Menerima,
menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghargai
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu,
percaya diri, dan motivasi internal, toleransi, pola hidup sehat, ramah
lingkungan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata
KI 4 : Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber
lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI DASAR
1.1 Menerima, menanggapi, dan menghargai
keragaman dan keunikan karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap menghargai, jujur,
disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab,
peduli, dan santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi
internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.2 Memahami teknik bermain musik ansambel
sederhana
4.2 Memainkan musik ansambel sederhana
C. INDIKATOR
þ Peserta didik dapat memahami Alat musik dan fungsinya dalam permainan
musik ansambel
þ Peserta didik memahami musik Indonesia amat beragam ada
musik tradisional dan ada musik modern.
þ Peserta didik
memahami alat musik melodis.
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
þ Pada pelajaran Bab 6, peserta didik diharapkan peduli dan
melakukan aktivitas berkesenian, yaitu:
1. mencintai keragaman warisan budaya terutama
lagu-lagu dan musik daerah,
2. melakukan asosiasi alat musik dari
daerah-daerah di Indonesia, dengan gaya dan keramah-tamahan masing-masing suku
bangsa,
3. memainkan musik ansambel lagu-lagu daerah di
Indonesia, dan
4. memainkan alat musik melodis lagu daerah
sesuai dengan gaya dan isi lagu.
B.
MATERI PEMBELAJARAN
þ Musik Ansambel
þ Musik Indonesia
þ Memainkan Alat Musik Melodis
F. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Metode : Observasi dan diskusi
Model : Problem Based Learning
G. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
þ Alat & Media : Not Nada, CD/DVD, TV, Buku Lagu, Alat
Musik
þ Sumber Belajar : Buku guru/Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013
H. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Tahapan pokok
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi siswa pada
masalah
|
þ
Kegiatan awal pembelajaran, peserta didik bersama dengan guru dapat
melakukan aktivitas berikut ini.
a. Mengamati
melalui media dan sumber belajar baik berupa visual, maupun audio-visual
tentang teknik bermain musik intrumen ritmis, melodis, dan harmonis dalam
penampilan musik ansambel secara sederhana.
b. Menanyakankan
melalui diskusi baik kelompok kecil maupun besar tentang teknik bermain musik
instrumen
|
10 menit
|
Inti
|
Mengorganisasi siswa dalam belajar
|
þ
Kegiatan inti pembelajaran, peserta didik bersama dengan guru dapat
melakukan aktivitas berikut:
a. mengeksplorasi
musik instrumen Indonesia dalam penampilan musik ansambel secara sederhana,
b. mengasosiasi
teknik bermain alat musik melodis dalam penampilan musik ansambel secara
sederhana.
|
60 Menit
|
Penutup
|
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
þ
Guru dapat melakukan evaluasi dan refleksi pada setiap pertemuan.
Kegiatan evaluasi dan refleksi menekankan pada tiga aspek, yaitu pengetahuan
yang telah diperoleh, menghubungkan sikap dengan materi pembelajaran, dan
kemampuan praktik memainkan alat musik melodis. Pada kegiatan refleksi,
peserta didik sudah bisa menyimpulkan, menemukan kesulitan dan mengatasinya,
menemukan keindahan dan keunikan dalam bermain alat musik melodis.
|
20 Menit
|
I. PENILAIAN
Metode
dan bentuk instrumen
1. Praktik
Langsung
2. Tanya
Jawab
3. Unjuk
Kerja
4.
Penilaian Sikap
Mata pelajaran
: Seni Buadaya
Semester :
1 ( satu )
Kelompok :
Kelas :
NO
|
NAMA SISWA
|
SKOR
|
|||||
Komitmen
tugas
|
Kerja sama
|
ketelitian
|
minat
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
SKOR NILAI = 0
- 100
Mengetahui
Kepala Sekolah,
(Drs. H. Abdul Mukti, AS, MM )
|
|
Bogor, 16 Juli 2018
Guru Mapel Seni Budaya
( Drs. Slamet Priyadi )
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP 3 )
Satuan Pendidikan : SMPT Islamic Boarding School Annur
Cimande
Mata Pelajaran : Seni Budaya ( Seni Musik )
Kelas / Semester :
VII (Satu) / 1
Topik : Menyanyikan
Lagu secara Vokal Grup
Alokasi Waktu : 3
X 40 menit ( 1 kali pertemuan )
Pertemuan : Ke 3
( Tiga)
A. KOMPETENSI INTI
KI 1
: Menerima,
menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghargai
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu,
percaya diri, dan motivasi internal, toleransi, pola hidup sehat, ramah
lingkungan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata
KI 4 : Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi
dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama
dalam sudut pandang/teori
B. KOMPETENSI DASAR
1.1 Menerima, menanggapi, dan menghargai keragaman
dan keunikan karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap menghargai, jujur,
disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab,
peduli, dan santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi
internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.3 Memahami teknik vokal dalam bernyanyi lagu
secara vokal grup
4.3 Menyanyikan lagu secara vokal grup
C. INDIKATOR
þ Peserta didik dapat memahami dan menyanyikan lagu lebih
dari satu suara
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
þ Pada pelajaran Bab 7, peserta didik diharapkan peduli dan
melakukan aktivitas berkesenian, yaitu:
1. mendeskripsikan teknik vokal grup,
2. mengidentifikasikan lagu dan musik vokal grup,
3. melakukan asosiasi musik dan lagu pada vokal grup, dan
4. mengomunikasikan melalui lisan dan tulisan tentang
vokal grup.
E. MATERI PEMBELAJARAN
þ Bernyanyi Banyak Suara
F. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Metode : Observasi dan diskusi
Model : Problem Based Learning
G. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
þ Alat & Media : Not Nada, CD/DVD, TV, Buku Lagu, Alat
Musik
þ Sumber Belajar : Buku guru/Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013
H. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Tahapan pokok
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi siswa pada
masalah
|
þ
Kegiatan awal pembelajaran, peserta didik bersama dengan guru dapat
melakukan aktivitas pembelajaran berikut ini.
a. Mengamati melalui media dan sumber belajar baik berupa visual,
maupun audio-visual tentang penampilan menyanyikan lagu secara unisono dan
vokal grup.
b. Menanya melalui diskusi baik kelompok kecil maupun
kelompok besar tentang menyanyikan lagu secara unisono dan vokal grup.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengorganisasi siswa dalam belajar
|
þ
Kegiatan inti, peserta didik bersama dengan guru dapat melakukan
aktivitas pembelajaran berikut:
a. mengeksplorasi menyanyikan lagu secara unisono dan vokal grup,
b. mengasosiasi menyanyikan lagu secara unisono dan vocal
grup dalam bentuk kelompok.
|
60 Menit
|
Penutup
|
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
þ
Guru dapat melakukan evaluasi dan refleksi pada setiap pertemuan.
Kegiatan evaluasi dan refleksi menekankan pada tiga aspek yaitu: pengetahuan
yang telah diperoleh, menghubungkan sikap dengan materi pembelajaran, dan
kemampuan psikomotorik atau keahlian dalam praktik menyanyikan lagu secara
vokal grup. Pada kegiatan refleksi, peserta didik sudah bisa menyimpulkan,
menemukan kesulitan dan mengatasinya, menemukan keindahan dan keunikan
menyanyikan lagu secara vokal grup.
|
20 Menit
|
I. PENILAIAN
A. Metode dan Bentuk Instrumen
1. Penilaian Seni Musik (Praktik Menyanyi)
Nama Peserta didik :
Kelas :
Praktik :
Petunjuk
Berilah tanda X (silang) pada angka 1, 2, 3, 4, atau 5
sesuai dengan pengamatanmu!
No.
|
Indikator Penilaian
|
Skor Maksimum
|
Nilai
|
1.
|
Mengucapkan lirik lagu sesuai dengan
bentuk mulut
|
20
|
|
2.
|
Membedakan tinggi dan rendah nada
|
20
|
|
3.
|
Memiliki pernapasan diagframa
|
20
|
|
4.
|
Mengekspresikan nyanyian
|
20
|
|
5.
|
Memiliki harmonisasi
|
20
|
|
Jumlah
|
100
|
|
2. Penilaian Sikap
Unsur-unsur Penilaian Perilaku
|
Skor Maksimum (9)
|
||
Peduli
(Skor 3)
|
Disiplin
(Skor 3)
|
Kerjasama
(Skor3)
|
|
|
|
|
|
Nilai : Skor perolehan/skor maksimum x 100
Mengetahui
Kepala Sekolah,
(Drs. H. Abdul Mukti AS, MM)
|
|
Bogor, 16 Juli 2018
Guru Mapel Seni Budaya
(Drs. Slamet Priyadi)
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP 4 )
Satuan Pendidikan : SMPT Islamic Boarding School Annur
Cimande
Mata Pelajaran : Seni Budaya ( Seni Musik )
Kelas / Semester :
VII (Satu) / 1
Topik : Teknik
Bermain Musik Ansambel Campuran
Alokasi Waktu : 3
X 40 menit ( 1 kali pertemuan )
Pertemuan : Ke
4 ( Empat )
A. KOMPETENSI INTI
KI 1
: Menerima,
menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghargai
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu,
percaya diri, dan motivasi internal, toleransi, pola hidup sehat, ramah
lingkungan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata
KI 4 : Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber
lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori
B. KOMPETENSI DASAR
1.1 Menerima, menanggapi, dan menghargai
keragaman dan keunikan karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap menghargai, jujur,
disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab,
peduli, dan santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi
internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.4 Memahami teknik bermain musik sederhana
secara perorangan dan kelompok
4.4 Memainkan instrumen musik sederhana secara
perorangan dan kelompok
C. INDIKATOR
þ Peserta didik dapat memahami teknik bermain musik
ansambel campuran
þ Peserta didik dapat memainkan alat musik ritmis, alat
musik melodis, dan alat musik harmonis
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
þ Pada pelajaran Bab 8, peserta didik diharapkan peduli dan
melakukan aktivitas berkesenian, yaitu:
1. mencintai keragaman warisan budaya terutama lagu-lagu
dan musik daerah,
2. memahami teknik bermain musik dan bermain musik
ansambel campuran,
3. memainkan alat musik ritmis, alat musik melodis, dan
alat musik harmonis.
E. MATERI PEMBELAJARAN
þ Menampilkan Musik Ansambel
þ Alat Musik Harmonis
F. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Metode : Observasi dan diskusi
Model : Problem Based Learning
G. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
þ Alat & Media : Not Nada, CD/DVD, TV, Buku Lagu, Alat
Musik
þ Sumber Belajar : Buku guru/Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013
H. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Tahapan pokok
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi siswa pada
masalah
|
þ
Kegiatan awal pembelajaran, peserta didik bersama dengan guru dapat
melakukan aktivitas berikut:
a. mengamati melalui media dan sumber belajar baik berupa visual,
maupun audio-visual tentang teknik bermain instrumen musik,
b. menanya melalui diskusi baik kelompok kecil maupun
besar tentang teknik bermain musik instrumen ritmis, melodis, dan harmonis.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengorganisasi siswa dalam belajar
|
þ
Kegiatan inti pembelajaran, peserta didik bersama dengan guru dapat
melakukan aktivitas berikut:
a. mengeksplorasi teknik bermain alat musik ritmis, melodis, dan
harmonis,
b. mengasosiasi teknik bermain alat musik ritmis, melodis,
dan harmonis melalui penampilan dengan lagu-lagu daerah.
|
60 Menit
|
Penutup
|
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
þ
Guru dapat melakukan evaluasi dan refleksi pada setiap pertemuan.
Kegiatan evaluasi dan refleksi menekankan pada tiga aspek yaitu: pengetahuan
yang telah diperoleh, menghubungkan sikap dengan materi pembelajaran, dan
kemampuan psikomotorik atau keahlian dalam praktik bermain musik instrumen.
Pada kegiatan refleksi ini peserta didik sudah bisa menyimpulkan, menemukan
kesulitan dan mengatasinya, menemukan keindahan dan keunikan teknik bermain
musik instrumen.
|
20 Menit
|
I. PENILAIAN
Metode
dan bentuk instrumen
1. Praktik
Langsung
2. Tanya
Jawab
3. Unjuk
Kerja
4.
Penilaian Sikap
Mata pelajaran : Seni Buadaya
Semester : 1 ( satu )
Kelompok :
Kelas :
NO
|
NAMA SISWA
|
SKOR
|
|||||
Komitmen
tugas
|
Kerja sama
|
ketelitian
|
minat
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
SKOR NILAI
= 0 – 100
Mengetahui
Kepala Sekolah,
(Drs. H. Abdul Mukti,AS, MM)
|
|
Bogor, 16 Juli 2018
Guru Mapel Seni Budaya
( Drs. Slamet Priyadi )
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar