http://kertasinga.blogspot.com
Guru SMPIT Annur Cimande Menulis
Kamis, 23 Agustus 2018 - 11:08 WIB
Guru SMPIT Annur Cimande Menulis
Kamis, 23 Agustus 2018 - 11:08 WIB
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1
(
RPP
)
Satuan Pendidikan : SMPIT
Annur Cimande
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Rupa
Kelas / Semester : VII
(Satu) / 1
Topik : Menggambar
Flora, Fauna, dan Alam Benda
Pertemuan : Ke 1
Alokasi Waktu : 3 X 40 menit ( 1 kali pertemuan )
A. KOMPETENSI INTI
KI 1 : Menerima,
menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghargai
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu,
percaya diri, dan motivasi internal, toleransi, pola hidup sehat, ramah
lingkungan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata
KI 4 : Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, umenghitung, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai smber
lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI DASAR
1.1 Menerima, menanggapi, dan
menghargai keragaman dan keunikan karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap menghargai,
jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung
jawab, peduli, dan santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri,
motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1 Memahami konsep dan prosedur
menggambar flora, fauna, dan benda alam
4.1 Menggambar flora, fauna, dan
benda alam
C. INDIKATOR
þ Peserta didik melakukan kegiatan seni rupa yang
melibatkan gagasan dan imajinasi media dua dan tiga dimensi dengan
memperhatikan proporsi, komposisi,keseimbangan, dan gelap terang
þ Peserta didik menyusun objek gambar sesuai dengan
imajinasi dan perasaan
þ Peserta didik harus berlatih dan sabar sampai menguasai
bentuk dasar bagian-bagian dari objek yang digambar.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
þ Setelah mempelajari Bab 1 peserta didik diharapkan peduli
dan melakukan aktivitas berkesenian, yaitu
1. mendeskripsikan kekayaan flora dan fauna Indonesia,
2. mengidentifikasi keunikan flora dan fauna Indonesia,
3. mengeksplorasi flora, fauna, dan alam benda dalam
bentuk gambar,
4. mengomunikasikan hasil karya seni rupa baik secara
lisan maupun tulisan.
E. MATERI PEMBELAJARAN
þ Pengertian Menggambar
Gambar merupakan bahasa yang universal dan dikenal jauh sebelum manusia
mengenal tulisan. Gambar sudah dikenal masyarakat sejak zaman purba. Pada saat
itu, gambar sering dihubungkan dengan aktivitas manusia dan roh leluhur yang
dianggap memberi keberkahan dan perlindungan. Bagi manusia purba, gambar tidak
sekadar sebagai alat komunikasi untuk roh leluhur saja. Gambar dapat juga
memberikan kekuatan dan motivasi untuk dapat bertahan hidup.
Menggambar merupakan aktivitas mental dan fisik yang dituangkan dalam
bentuk goresan tangan, pada media dua dan tiga dimensi. Dengan menggunakan
imajinasi dan perasaan melalui alat gambar, seperti pensil, bolpoin, krayon,
dan alat lain yang dapat digunakan untuk menulis.
Menggambar dapat juga diartikan sebagai bentuk kegiatan seni rupa yang
melibatkan gagasan dan imajinasi media dua dan tiga dimensi dengan
memperhatikan proporsi, komposisi, keseimbangan, dan gelap terang.
F. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Metode : Observasi dan diskusi
Model : Problem Based Learning
G. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
þ Alat & Media : Pensil, Pensil Warna, Krayon,
Bolpoint,Kertas Gambar
þ Sumber Belajar : Buku guru/Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013
H. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Tahapan pokok
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi siswa pada
masalah
|
þ
Kegiatan awal pembelajaran, peserta didik bersama dengan guru dapat
melakukan aktivitas pembelajaran berikut ini.
a. Peserta didik bersama
dengan guru mengamati melalui media dan sumber belajar baik berupa visual,
maupun audio-visual tentang flora, fauna,
dan alam benda.
b. Peserta didik mencari
tahu dan saling menanyakan tentang flora, fauna, dan alam benda.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengorganisasi siswa dalam belajar
|
þ
Peserta didik bersama dengan guru dapat melakukan aktivitas pembelajaran
berikut ini.
a. Mengeksplorasi objek
flora, fauna, dan alam benda dalam aktivitas menggambar.
b. Mengasosiasi flora,
fauna, dan alam benda dalam aktivitas menggambar.
|
60 Menit
|
Penutup
|
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
þ
Guru dapat melakukan evaluasi dan refleksi pada setiap pertemuan.
Kegiatan evaluasi dan refleksi menekankan pada tiga aspek, yaitu pengetahuan
yang telah diperoleh, menghubungkan sikap dengan materi pembelajaran, dan
kemampuan psikomotorik atau keahlian dalam praktik menggambar flora, fauna,
dan alam benda. Pada kegiatan refleksi, peserta didik sudah mampu
menyimpulkan, menemukan kesulitan dan mengatasinya, menemukan keindahan serta
keunikan menggambar flora, fauna, dan alam benda.
|
20 Menit
|
I. PENILAIAN
A. Metode dan Bentuk Instrumen
1. Penilaian Seni Rupa
Nama Peserta didik :
Kelas :
Praktik :
Petunjuk
Berilah tanda X (silang) pada angka 1, 2, 3, 4, atau 5 sesuai dengan
pengamatanmu!
No.
|
Indikator Penilaian
|
Skor Maksimum
|
Nilai
|
1.
|
Keaslian Gagasan/Ide
|
20
|
|
2.
|
Kreatifitas
|
20
|
|
3.
|
Keseimbangan
|
20
|
|
4.
|
Warna
|
20
|
|
5.
|
Komposisi
|
20
|
|
2. Penilaian Sikap
Unsur-unsur Penilaian Perilaku
|
Skor Maksimum (9)
|
||
Peduli
(Skor 3)
|
Disiplin
(Skor 3)
|
Kerjasama
(Skor3)
|
|
|
|
|
|
Nilai : Skor perolehan/skor maksimum x 100
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( DRS. H. ABDUL MUKTI AS, MM )
|
|
Senin, 16 Juli
2018
Guru Mapel Seni Budaya
( DRS. SLAMET PRIYADI )
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
2
( RPP )
Satuan Pendidikan : SMPIT
Annur Cimande
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Rupa
Kelas / Semester : VII
(Satu) / 1
Topik : Menggambar
Flora, Fauna, dan Alam Benda
Pertemuan : Ke 2
Alokasi Waktu : 3
X 40 menit ( 1 kali pertemuan )
A. KOMPETENSI INTI
KI 1 : Menerima,
menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Menghargai perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, dan motivasi
internal, toleransi, pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
KI 3 :
Memahami pengetahuan faktual, konseptual,
dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian yang tampak mata
KI 4 :
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan
abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut
pandang/teori
B. KOMPETENSI DASAR
1.1 Menerima, menanggapi, dan
menghargai keragaman dan keunikan karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur
terhadap anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap menghargai,
jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung
jawab, peduli, dan santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri,
motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1 Memahami konsep dan prosedur
menggambar flora, fauna, dan benda alam
4.1 Menggambar flora, fauna, dan
benda alam
C. INDIKATOR
þ Peserta didik melakukan kegiatan seni rupa yang
melibatkan gagasan dan imajinasi media dua dan tiga dimensi dengan
memperhatikan proporsi, komposisi,keseimbangan, dan gelap terang
þ Peserta didik menyusun objek gambar sesuai dengan
imajinasi dan perasaan
þ Peserta didik harus berlatih dan sabar sampai menguasai
bentuk dasar bagian-bagian dari objek yang digambar.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
þ Setelah mempelajari Bab 1 peserta didik diharapkan peduli
dan melakukan aktivitas berkesenian, yaitu
1. mendeskripsikan kekayaan flora dan fauna Indonesia,
2. mengidentifikasi keunikan flora dan fauna Indonesia,
3. mengeksplorasi flora, fauna, dan alam benda dalam
bentuk gambar,
4. mengomunikasikan hasil karya seni rupa baik secara
lisan maupun tulisan.
E. MATERI PEMBELAJARAN
þ Objek Menggambar
Menggambar tidak
terpaku pada satu macam objek saja tetapi bisa mengambil dan menyusun objek
gambar sesuai dengan imajinasi dan perasaan. Objek gambar bisa diambil dari
alam seperti flora (tumbuhan), fauna (hewan), dan bentuk-bentuk alam benda yang
dibuat manusia atau benda yang sudah ada sebelumnya di alam seperti batu, air,
dan awan.
F. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Metode : Observasi dan diskusi
Model : Problem Based Learning
G. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
þ Alat & Media : Pensil, Pensil Warna, Krayon,
Bolpoint,Kertas Gambar
þ Sumber Belajar : Buku guru/Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013
H. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Tahapan pokok
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi siswa pada
masalah
|
þ
Kegiatan awal pembelajaran, peserta didik bersama dengan guru dapat
melakukan aktivitas pembelajaran berikut ini.
a. Peserta didik bersama
dengan guru mengamati melalui media dan sumber belajar baik berupa visual,
maupun audio-visual tentang flora, fauna,
dan alam benda.
b. Peserta didik mencari
tahu dan saling menanyakan tentang flora, fauna, dan alam benda.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengorganisasi siswa dalam belajar
|
þ
Peserta didik bersama dengan guru dapat melakukan aktivitas pembelajaran
berikut ini.
a. Mengeksplorasi objek
flora, fauna, dan alam benda dalam aktivitas menggambar.
b. Mengasosiasi flora,
fauna, dan alam benda dalam aktivitas menggambar.
|
60 Menit
|
Penutup
|
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
þ
Guru dapat melakukan evaluasi dan refleksi pada setiap pertemuan.
Kegiatan evaluasi dan refleksi menekankan pada tiga aspek, yaitu pengetahuan
yang telah diperoleh, menghubungkan sikap dengan materi pembelajaran, dan
kemampuan psikomotorik atau keahlian dalam praktik menggambar flora, fauna,
dan alam benda. Pada kegiatan refleksi, peserta didik sudah mampu
menyimpulkan, menemukan kesulitan dan mengatasinya, menemukan keindahan serta
keunikan menggambar flora, fauna, dan alam benda.
|
20 Menit
|
I. PENILAIAN
A. Metode dan Bentuk Instrumen
1. Penilaian Seni Rupa
Nama Peserta didik :
Kelas :
Praktik :
P e t u n j u k
Berilah tanda X (silang) pada angka 1, 2, 3, 4, atau 5 sesuai dengan
pengamatanmu!
No.
|
Indikator Penilaian
|
Skor Maksimum
|
Nilai
|
1.
|
Keaslian Gagasan/Ide
|
20
|
|
2.
|
Kreatifitas
|
20
|
|
3.
|
Keseimbangan
|
20
|
|
4.
|
Warna
|
20
|
|
5.
|
Komposisi
|
20
|
|
2. Penilaian Sikap
Unsur-unsur Penilaian Perilaku
|
Skor Maksimum (9)
|
||
Peduli
(Skor 3)
|
Disiplin
(Skor 3)
|
Kerjasama
(Skor3)
|
|
|
|
|
|
Nilai : Skor perolehan/skor maksimum x 100
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( DRS. H. ABDUL MUKTI AS, MM )
|
|
Senin, 16 Juli 2018
Guru Mapel Seni Budaya
( DRS. SLAMET PRIYADI )
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
3
( RPP )
Satuan Pendidikan : SMPIT
Annur Cimande
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Rupa
Kelas / Semester : VII
(Satu) / 1
Topik : Menggambar
Flora, Fauna, dan Alam Benda
Pertemuan : Ke 3
Alokasi Waktu : 3
X 40 menit ( 1 kali pertemuan )
A. KOMPETENSI INTI
KI 1 : Menerima,
menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Menghargai perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, dan motivasi
internal, toleransi, pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
KI 3 :
Memahami pengetahuan faktual, konseptual,
dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian yang tampak mata
KI 4 :
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan
abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut
pandang/teori
B. KOMPETENSI DASAR
1.1 Menerima, menanggapi, dan
menghargai keragaman dan keunikan karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur
terhadap anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap menghargai,
jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung
jawab, peduli, dan santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi
internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1 Memahami konsep dan prosedur
menggambar flora, fauna, dan benda alam
4.1 Menggambar flora, fauna, dan
benda alam
C. INDIKATOR
þ Peserta didik melakukan kegiatan seni rupa yang melibatkan
gagasan dan imajinasi media dua dan tiga dimensi dengan memperhatikan proporsi,
komposisi,keseimbangan, dan gelap terang
þ Peserta didik menyusun objek gambar sesuai dengan
imajinasi dan perasaan
þ Peserta didik harus berlatih dan sabar sampai menguasai bentuk
dasar bagian-bagian dari objek yang digambar.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
þ Setelah mempelajari Bab 1 peserta didik diharapkan peduli
dan melakukan aktivitas berkesenian, yaitu
1. mendeskripsikan kekayaan flora dan fauna Indonesia,
2. mengidentifikasi keunikan flora dan fauna Indonesia,
3. mengeksplorasi flora, fauna, dan alam benda dalam
bentuk gambar,
4. mengomunikasikan hasil karya seni rupa baik secara
lisan maupun tulisan.
E. MATERI PEMBELAJARAN
þ Komposisi
Penempatan objek gambar sebenarnya dapat disusun sesuai dengan keinginan
dan kreativitas yang peserta didik miliki. Sebelum objek gambar dibuat,
sebaiknya peserta didik harus menentukan jenis benda yang akan digambar. Benda
yang lebih besar tidak boleh menutupi benda yang lebih kecil.
Komposisi dalam menggambar dapat dibedakan dalam dua bentuk, yaitu:
simetris dan asimetris. Komposisi simetris apabila objek yang akan digambar
memiliki proporsi dan keseimbangan bentuk yang sama juga disusun sama.
Komposisi asimetris jika objek gambar memiliki proporsi bentuk yang sama,
tetapi keseimbangan berbeda, namun tetap memperhatikan keseimbangan dan
keindahan.
F. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Metode : Observasi dan diskusi
Model : Problem Based Learning
G. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
þ Alat & Media : Pensil, Pensil Warna, Krayon,
Bolpoint,Kertas Gambar
þ Sumber Belajar : Buku guru/Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013
H. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Tahapan pokok
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi siswa pada
masalah
|
þ
Kegiatan awal pembelajaran, peserta didik bersama dengan guru dapat
melakukan aktivitas pembelajaran berikut ini.
a. Peserta didik bersama dengan
guru mengamati melalui media dan sumber belajar baik berupa visual, maupun
audio-visual tentang flora, fauna,
dan alam benda.
b. Peserta didik mencari
tahu dan saling menanyakan tentang flora, fauna, dan alam benda.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengorganisasi siswa dalam belajar
|
þ
Peserta didik bersama dengan guru dapat melakukan aktivitas pembelajaran
berikut ini.
a. Mengeksplorasi objek
flora, fauna, dan alam benda dalam aktivitas menggambar.
b. Mengasosiasi flora,
fauna, dan alam benda dalam aktivitas menggambar.
|
60 Menit
|
Penutup
|
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
þ
Guru dapat melakukan evaluasi dan refleksi pada setiap pertemuan.
Kegiatan evaluasi dan refleksi menekankan pada tiga aspek, yaitu pengetahuan
yang telah diperoleh, menghubungkan sikap dengan materi pembelajaran, dan
kemampuan psikomotorik atau keahlian dalam praktik menggambar flora, fauna,
dan alam benda. Pada kegiatan refleksi, peserta didik sudah mampu
menyimpulkan, menemukan kesulitan dan mengatasinya, menemukan keindahan serta
keunikan menggambar flora, fauna, dan alam benda.
|
20 Menit
|
I. PENILAIAN
A. Metode dan Bentuk Instrumen
1. Penilaian Seni Rupa
Nama Peserta didik :
Kelas :
Praktik :
Petunjuk
Berilah tanda X (silang) pada angka 1, 2, 3, 4, atau 5 sesuai dengan
pengamatanmu!
No.
|
Indikator Penilaian
|
Skor Maksimum
|
Nilai
|
1.
|
Keaslian Gagasan/Ide
|
20
|
|
2.
|
Kreatifitas
|
20
|
|
3.
|
Keseimbangan
|
20
|
|
4.
|
Warna
|
20
|
|
5.
|
Komposisi
|
20
|
|
2. Penilaian Sikap
Unsur-unsur Penilaian Perilaku
|
Skor Maksimum (9)
|
||
Peduli
(Skor 3)
|
Disiplin
(Skor 3)
|
Kerjasama
(Skor3)
|
|
|
|
|
|
Nilai : Skor perolehan/skor maksimum x 100
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( DRS. H. ABDUL MUKTI AS, MM )
|
|
Senin, 16 Juli 2018
Guru Mapel Seni Budaya
( DRS. SLAMET PRIYADI )
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
4
( RPP )
Satuan Pendidikan : SMPIT
Annur Cimande
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Rupa
Kelas / Semester : VII
(Satu) / 1
Topik : Menggambar
Flora, Fauna, dan Alam Benda
Pertemuan : Ke 4
Alokasi Waktu : 3
X 40 menit ( 1 kali pertemuan )
A. KOMPETENSI INTI
KI 1 : Menerima,
menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Menghargai perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, dan motivasi
internal, toleransi, pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
KI 3 :
Memahami pengetahuan faktual, konseptual,
dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian yang tampak mata
KI 4 :
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan
abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut
pandang/teori
B. KOMPETENSI DASAR
1.1 Menerima, menanggapi, dan
menghargai keragaman dan keunikan karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur
terhadap anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap menghargai,
jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung
jawab, peduli, dan santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri,
motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1 Memahami konsep dan prosedur
menggambar flora, fauna, dan benda alam
4.1 Menggambar flora, fauna, dan
benda alam
C. INDIKATOR
þ Peserta didik melakukan kegiatan seni rupa yang
melibatkan gagasan dan imajinasi media dua dan tiga dimensi dengan
memperhatikan proporsi, komposisi,keseimbangan, dan gelap terang
þ Peserta didik menyusun objek gambar sesuai dengan
imajinasi dan perasaan
þ Peserta didik harus berlatih dan sabar sampai menguasai
bentuk dasar bagian-bagian dari objek yang digambar.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
þ Setelah mempelajari Bab 1 peserta didik diharapkan peduli
dan melakukan aktivitas berkesenian, yaitu
1. mendeskripsikan kekayaan flora dan fauna Indonesia,
2. mengidentifikasi keunikan flora dan fauna Indonesia,
3. mengeksplorasi flora, fauna, dan alam benda dalam
bentuk gambar,
4. mengomunikasikan hasil karya seni rupa baik secara
lisan maupun tulisan.
E. MATERI PEMBELAJARAN
þ Teknik
Proses menggambar sebenarnya dapat peserta didik mulai dengan cara yang
sangat sederhana dan mudah dilakukan. Biasakan sebelum menggambar buatlah
sketsa terlebih dahulu agar gambar memiliki komposisi, proporsi, dan
keseimbangan yang baik. Beberapa tahapan yang harus dilakukan pada saat
menggambar sebagai berikut.
1. mengetahui bentuk
dasar dari objek yang akan digambar,
2. mengetahui
bagian-bagian dari objek gambar,
3. menyusun atau
menyambung bagian per bagian menjadi gambar yang utuh,
4. memberikan dimensi
gelap terang baik hitam putih atau berwarna.
F. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Metode : Observasi dan diskusi
Model : Problem Based Learning
G. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
þ Alat & Media : Pensil, Pensil Warna, Krayon,
Bolpoint,Kertas Gambar
þ Sumber Belajar : Buku guru/Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013
H. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Tahapan pokok
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi siswa pada
masalah
|
þ
Kegiatan awal pembelajaran, peserta didik bersama dengan guru dapat
melakukan aktivitas pembelajaran berikut ini.
a. Peserta didik bersama
dengan guru mengamati melalui media dan sumber belajar baik berupa visual,
maupun audio-visual tentang flora, fauna,
dan alam benda.
b. Peserta didik mencari
tahu dan saling menanyakan tentang flora, fauna, dan alam benda.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengorganisasi siswa dalam belajar
|
þ
Peserta didik bersama dengan guru dapat melakukan aktivitas pembelajaran
berikut ini.
a. Mengeksplorasi objek
flora, fauna, dan alam benda dalam aktivitas menggambar.
b. Mengasosiasi flora,
fauna, dan alam benda dalam aktivitas menggambar.
|
60 Menit
|
Penutup
|
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
þ
Guru dapat melakukan evaluasi dan refleksi pada setiap pertemuan.
Kegiatan evaluasi dan refleksi menekankan pada tiga aspek, yaitu pengetahuan
yang telah diperoleh, menghubungkan sikap dengan materi pembelajaran, dan
kemampuan psikomotorik atau keahlian dalam praktik menggambar flora, fauna,
dan alam benda. Pada kegiatan refleksi, peserta didik sudah mampu
menyimpulkan, menemukan kesulitan dan mengatasinya, menemukan keindahan serta
keunikan menggambar flora, fauna, dan alam benda.
|
20 Menit
|
I. PENILAIAN
A. Metode dan Bentuk Instrumen
1. Penilaian Seni Rupa
Nama Peserta didik :
Kelas :
Praktik :
P e t u n j u k :
Berilah tanda X (silang) pada angka 1, 2, 3, 4, atau 5 sesuai dengan
pengamatanmu!
No.
|
Indikator Penilaian
|
Skor Maksimum
|
Nilai
|
1.
|
Keaslian Gagasan/Ide
|
20
|
|
2.
|
Kreatifitas
|
20
|
|
3.
|
Keseimbangan
|
20
|
|
4.
|
Warna
|
20
|
|
5.
|
Komposisi
|
20
|
|
2.
Penilaian Sikap
Unsur-unsur Penilaian Perilaku
|
Skor Maksimum (9)
|
||
Peduli
(Skor 3)
|
Disiplin
(Skor 3)
|
Kerjasama
(Skor3)
|
|
|
|
|
|
Nilai : Skor perolehan/skor maksimum x 100
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( DRS. H. ABDUL MUKTI AS, MM )
|
|
Senin, 16 Juli 2018
Guru Mapel Seni Budaya
( DRS. SLAMET PRIYADI )
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 5
( RPP )
Satuan Pendidikan : SMPIT
Annur Cimande
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Rupa
Kelas / Semester : VII
(Satu) / 1
Topik : Menggambar
Flora, Fauna, dan Alam Benda
Pertemuan : Ke 5
Alokasi Waktu : 3
X 40 menit ( 1 kali pertemuan )
A. KOMPETENSI INTI
KI 1 : Menerima,
menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Menghargai perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, dan motivasi
internal, toleransi, pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
KI 3 :
Memahami pengetahuan faktual, konseptual,
dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian yang tampak mata
KI 4 :
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan
abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut
pandang/teori
B. KOMPETENSI DASAR
1.1 Menerima, menanggapi, dan
menghargai keragaman dan keunikan karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur
terhadap anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap menghargai,
jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung
jawab, peduli, dan santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri,
motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1 Memahami konsep dan prosedur
menggambar flora, fauna, dan benda alam
4.1 Menggambar flora, fauna, dan
benda alam
C. INDIKATOR
þ Peserta didik melakukan kegiatan seni rupa yang
melibatkan gagasan dan imajinasi media dua dan tiga dimensi dengan
memperhatikan proporsi, komposisi,keseimbangan, dan gelap terang
þ Peserta didik menyusun objek gambar sesuai dengan
imajinasi dan perasaan
þ Peserta didik harus berlatih dan sabar sampai menguasai
bentuk dasar bagian-bagian dari objek yang digambar.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
þ Setelah mempelajari Bab 1 peserta didik diharapkan peduli
dan melakukan aktivitas berkesenian, yaitu
1. mendeskripsikan kekayaan flora dan fauna Indonesia,
2. mengidentifikasi keunikan flora dan fauna Indonesia,
3. mengeksplorasi flora, fauna, dan alam benda dalam
bentuk gambar,
4. mengomunikasikan hasil karya seni rupa baik secara
lisan maupun tulisan.
E. MATERI PEMBELAJARAN
þ Alat dan Media Gambar
Sebagai sarana belajar menggambar, alat dan media memiliki banyak
variasi dan macamnya. Peserta didik bisa menggunakan pensil dengan bahan
grafit, pensil warna, bolpoin, dan krayon. Setiap alat dan media tersebut
memiliki karakter yang berbeda.
F. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Metode : Observasi dan diskusi
Model : Problem Based Learning
G. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
þ Alat & Media : Pensil, Pensil Warna, Krayon,
Bolpoint,Kertas Gambar
þ Sumber Belajar : Buku guru/Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013
H. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Tahapan pokok
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi siswa pada
masalah
|
þ
Kegiatan awal pembelajaran, peserta didik bersama dengan guru dapat
melakukan aktivitas pembelajaran berikut ini.
a. Peserta didik bersama
dengan guru mengamati melalui media dan sumber belajar baik berupa visual,
maupun audio-visual tentang flora, fauna,
dan alam benda.
b. Peserta didik mencari
tahu dan saling menanyakan tentang flora, fauna, dan alam benda.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengorganisasi siswa dalam belajar
|
þ
Peserta didik bersama dengan guru dapat melakukan aktivitas pembelajaran
berikut ini.
a. Mengeksplorasi objek
flora, fauna, dan alam benda dalam aktivitas menggambar.
b. Mengasosiasi flora,
fauna, dan alam benda dalam aktivitas menggambar.
|
60 Menit
|
Penutup
|
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
þ
Guru dapat melakukan evaluasi dan refleksi pada setiap pertemuan.
Kegiatan evaluasi dan refleksi menekankan pada tiga aspek, yaitu pengetahuan
yang telah diperoleh, menghubungkan sikap dengan materi pembelajaran, dan
kemampuan psikomotorik atau keahlian dalam praktik menggambar flora, fauna,
dan alam benda. Pada kegiatan refleksi, peserta didik sudah mampu
menyimpulkan, menemukan kesulitan dan mengatasinya, menemukan keindahan serta
keunikan menggambar flora, fauna, dan alam benda.
|
20 Menit
|
I. PENILAIAN
A. Metode dan Bentuk Instrumen
1. Penilaian Seni Rupa
Nama Peserta didik :
Kelas :
Praktik :
Petunjuk
Berilah tanda X (silang) pada angka 1, 2, 3, 4, atau 5 sesuai dengan
pengamatanmu!
No.
|
Indikator Penilaian
|
Skor Maksimum
|
Nilai
|
1.
|
Keaslian Gagasan/Ide
|
20
|
|
2.
|
Kreatifitas
|
20
|
|
3.
|
Keseimbangan
|
20
|
|
4.
|
Warna
|
20
|
|
5.
|
Komposisi
|
20
|
|
2. Penilaian Sikap
Unsur-unsur Penilaian Perilaku
|
Skor Maksimum (9)
|
||
Peduli
(Skor 3)
|
Disiplin
(Skor 3)
|
Kerjasama
(Skor3)
|
|
|
|
|
|
Nilai : Skor perolehan/skor maksimum x 100
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( DRS. H. ABDUL MUKTI AS, MM )
|
|
Senin, 16 Juli 2018
Guru Mapel Seni Budaya
( DRS. SLAMET PRIYADI )
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
6
( RPP )
Satuan Pendidikan : SMPIT
Annur Cimande
Mata Pelajaran : Seni Budaya ( Seni Rupa )
Kelas / Semester : VII
(Satu) / 1
Topik : Menggambar
Ragam Hias
Pertemuan : Ke 6
Alokasi Waktu : 3
X 40 menit ( 1 kali pertemuan )
A. KOMPETENSI INTI
KI 1 : Menerima,
menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Menghargai perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, dan motivasi
internal, toleransi, pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
KI 3 :
Memahami pengetahuan faktual, konseptual,
dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian yang tampak mata
KI 4 :
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan
abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut
pandang/teori
B. KOMPETENSI DASAR
1.1 Menerima, menanggapi, dan
menghargai keragaman dan keunikan karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur
terhadap anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap menghargai,
jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung
jawab, peduli, dan santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri,
motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.2 Memahami konsep dan prosedur
menggambar gubahan flora dan fauna serta geometris menjadi ragam hias
4.2 Memahami konsep dan prosedur
menggambar gubahan flora dan fauna serta geometris menjadi ragam hias
C. INDIKATOR
þ Peserta didik melakukan kegiatan menggambar ragam hias
dapat dilakukan dengan cara stilasi (digayakan) yang meliputi penyederhanaan
bentuk dan perubahan bentuk (deformasi).
þ Peserta didik memahami bentuk-bentuk flora (vegetal),
fauna (animal), figural (manusia), dan bentuk geometris. Ragam hias tersebut dapat
diterapkan pada media dua dan tiga dimensi
þ Peserta didik mengetahu pola ragam hias.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pada pelajaran Bab 2, peserta didik diharapkan peduli dan
melakukan aktivitas berkesenian, yaitu
1. menjelaskan keragaman pada ragam hias Indonesia,
2. mengidentifikasi keunikan ragam hias Indonesia,
3. mengeksplorasi ragam hias flora, fauna, dan geometris
dalam bentuk gambar, dan
4. mengomunikasikan hasil karya ragam hias baik secara
lisan maupun tulisan.
E. MATERI PEMBELAJARAN
þ Pengertian Ragam Hias
Ragam hias disebut juga ornamen, merupakan salah satu bentuk karya seni
rupa yang sudah berkembang sejak zaman prasejarah. Indonesia sebagai negara
kepulauan memiliki banyak ragam hias. Ragam hias di Indonesia dipengaruhi oleh
beberapa faktor, yaitu lingkungan alam, flora dan fauna serta manusia yang
hidup di dalamnya.
Keinginan untuk menghias merupakan naluri atau insting manusia. Faktor
kepercayaan turut mendukung berkembangnya ragam hias karena adanya perlambangan
di balik gambar. Ragam hias memiliki makna karena disepakati oleh masyarakat
penggunanya.
Menggambar ragam hias dapat dilakukan dengan cara stilasi (digayakan)
yang meliputi penyederhanaan bentuk dan perubahan bentuk (deformasi).
F. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Metode : Observasi dan diskusi
Model : Problem Based Learning
G. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
þ Alat & Media : Pensil, Pensil Warna, Krayon,
Bolpoint,Kertas Gambar
þ Sumber Belajar : Buku guru/Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013
H. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Tahapan pokok
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
||||
Pendahuluan
|
Orientasi siswa pada
masalah
|
þ
Kegiatan awal pembelajaran, peserta didik bersama dengan guru dapat
melakukan aktivitas pembelajaran berikut ini.
a. mengamati
melalui media dan sumber belajar baik berupa visual, maupun audio-visual
tentang ragam hias dalam bentuk flora, fauna, dan geometris,
b. menanyakan
melalui diskusi baik kelompok kecil maupun kelompok besar tentang ragam hias
dalam bentuk flora, fauna, dan geometris.
|
10 menit
|
||||
Inti
|
Mengorganisasi siswa dalam belajar
|
þ
Kegiatan inti pembelajaran, peserta didik dan guru dapat melakukan
aktivitas berikut:
a. mengeksplorasi
objek flora, fauna, dan geometris dalam aktivitas menggambar, Tujuan
Pembelajaran Pada pelajaran Bab 2, peserta didik diharapkan peduli dan
melakukan aktivitas berkesenian, yaitu
1. menjelaskan
keragaman pada ragam hias Indonesia,
2. mengidentifikasi
keunikan ragam hias Indonesia,
3. mengeksplorasi
ragam hias flora, fauna, dan geometris dalam bentuk gambar, dan
4. mengomunikasikan
hasil karya ragam hias baik secara lisan maupun tulisan.
b. mengasosiasi
ragam hias dalam bentuk flora, fauna, dan geometris dalam aktivitas
menggambar.
|
60 Menit
|
||||
Penutup
|
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
þ
Guru dapat melakukan evaluasi dan refleksi pada setiap pertemuan.
Kegiatan evaluasi dan refleksi menekankan pada tiga aspek yaitu: pengetahuan
yang telah diperoleh, menghubungkan sikap dengan materi pembelajaran, dan
kemampuan psikomotorik atau keahlian dalam praktik menari.
þ
Pada kegiatan refleksi, peserta didik sudah bisa menyimpulkan kesulitan
yang ditemukan, menyimpulkan keindahan, dan keunikan menggambar ragam hias
flora, fauna, dan geometris.
|
20 Menit
|
||||
I. PENILAIAN
A. Metode dan Bentuk Instrumen
1. Penilaian Seni Rupa
Nama Peserta didik :
Kelas :
Praktik :
P e t u n j u k :
Berilah tanda X (silang) pada angka 1, 2, 3, 4, atau 5 sesuai dengan
pengamatanmu!
No.
|
Indikator Penilaian
|
Skor Maksimum
|
Nilai
|
1.
|
Keaslian Gagasan/Ide
|
20
|
|
2.
|
Kreatifitas
|
20
|
|
3.
|
Keseimbangan
|
20
|
|
4.
|
Warna
|
20
|
|
5.
|
Komposisi
|
20
|
|
2. Penilaian Sikap
Unsur-unsur Penilaian Perilaku
|
Skor Maksimum (9)
|
||
Peduli
(Skor 3)
|
Disiplin
(Skor 3)
|
Kerjasama
(Skor3)
|
|
|
|
|
|
Nilai : Skor perolehan/skor maksimum x 100
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( DRS. H. ABDUL MUKTI AS, MM )
|
|
Senin, 16 JULI 2018
Guru Mapel Seni Budaya
( DRS. SLAMET PRIYADI )
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar