Kamis, 23 Agustus 2018

RPP SENI BUDAYA RUPA KELAS VII SMPIT ANNUR CIMANDE

http://kertasinga.blogspot.com
Guru SMPIT Annur Cimande Menulis
Kamis, 23 Agustus 2018 - 11:08 WIB


 
Drs. Slamet Priyadi

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1
( RPP )

Satuan Pendidikan                         :     SMPIT Annur Cimande
Mata Pelajaran                               :     Seni Budaya/Seni Rupa
Kelas / Semester                            :     VII (Satu) / 1
Topik                                               :     Menggambar Flora, Fauna, dan Alam Benda
Pertemuan                                      :     Ke 1
Alokasi Waktu                                :     3 X  40 menit ( 1 kali pertemuan )
A.     KOMPETENSI INTI
KI 1   :           Menerima, menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2   :           Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, dan motivasi internal, toleransi, pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3   :           Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata
KI 4   :           Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, umenghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai smber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.      KOMPETENSI DASAR
1.1                Menerima, menanggapi, dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni  rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1                Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2                Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, dan santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3                Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1                Memahami konsep dan prosedur menggambar flora, fauna, dan benda alam
4.1                Menggambar flora, fauna, dan benda alam
C.      INDIKATOR
þ  Peserta didik melakukan kegiatan seni rupa yang melibatkan gagasan dan imajinasi media dua dan tiga dimensi dengan memperhatikan proporsi, komposisi,keseimbangan, dan gelap terang
þ  Peserta didik menyusun objek gambar sesuai dengan imajinasi dan perasaan
þ  Peserta didik harus berlatih dan sabar sampai menguasai bentuk dasar bagian-bagian dari objek yang digambar.
D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
þ  Setelah mempelajari Bab 1 peserta didik diharapkan peduli dan melakukan aktivitas berkesenian, yaitu
1. mendeskripsikan kekayaan flora dan fauna Indonesia,
2. mengidentifikasi keunikan flora dan fauna Indonesia,
3. mengeksplorasi flora, fauna, dan alam benda dalam bentuk gambar,
4. mengomunikasikan hasil karya seni rupa baik secara lisan maupun tulisan.
E.      MATERI PEMBELAJARAN
þ  Pengertian Menggambar
Gambar merupakan bahasa yang universal dan dikenal jauh sebelum manusia mengenal tulisan. Gambar sudah dikenal masyarakat sejak zaman purba. Pada saat itu, gambar sering dihubungkan dengan aktivitas manusia dan roh leluhur yang dianggap memberi keberkahan dan perlindungan. Bagi manusia purba, gambar tidak sekadar sebagai alat komunikasi untuk roh leluhur saja. Gambar dapat juga memberikan kekuatan dan motivasi untuk dapat bertahan hidup.
Menggambar merupakan aktivitas mental dan fisik yang dituangkan dalam bentuk goresan tangan, pada media dua dan tiga dimensi. Dengan menggunakan imajinasi dan perasaan melalui alat gambar, seperti pensil, bolpoin, krayon, dan alat lain yang dapat digunakan untuk menulis.
Menggambar dapat juga diartikan sebagai bentuk kegiatan seni rupa yang melibatkan gagasan dan imajinasi media dua dan tiga dimensi dengan memperhatikan proporsi, komposisi, keseimbangan, dan gelap terang.
F.      Metode Pembelajaran
Pendekatan                :     Scientific
Metode                       :     Observasi dan diskusi
Model                         :     Problem Based Learning
G.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
þ  Alat & Media     :     Pensil, Pensil Warna, Krayon, Bolpoint,Kertas Gambar
þ  Sumber Belajar  :     Buku guru/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta:  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013
H.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Tahapan pokok
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
Orientasi siswa pada masalah
þ  Kegiatan awal pembelajaran, peserta didik bersama dengan guru dapat melakukan aktivitas pembelajaran berikut ini.
a.           Peserta didik bersama dengan guru mengamati melalui media dan sumber belajar baik berupa visual, maupun audio-visual tentang flora,             fauna, dan alam benda.
b.          Peserta didik mencari tahu dan saling menanyakan tentang flora, fauna, dan alam           benda.
10 menit
Inti
Mengorganisasi siswa dalam belajar
þ  Peserta didik bersama dengan guru dapat melakukan aktivitas pembelajaran berikut ini.
a.           Mengeksplorasi objek flora, fauna, dan alam benda dalam aktivitas menggambar.
b.          Mengasosiasi flora, fauna, dan alam benda dalam aktivitas menggambar.
60 Menit

Penutup
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
þ  Guru dapat melakukan evaluasi dan refleksi pada setiap pertemuan. Kegiatan evaluasi dan refleksi menekankan pada tiga aspek, yaitu pengetahuan yang telah diperoleh, menghubungkan sikap dengan materi pembelajaran, dan kemampuan psikomotorik atau keahlian dalam praktik menggambar flora, fauna, dan alam benda. Pada kegiatan refleksi, peserta didik sudah mampu menyimpulkan, menemukan kesulitan dan mengatasinya, menemukan keindahan serta keunikan menggambar flora, fauna, dan alam benda.
20 Menit

I.       PENILAIAN
A. Metode dan Bentuk Instrumen
1. Penilaian Seni Rupa
Nama Peserta didik              :
Kelas                                       :
Praktik                                    :

Petunjuk
Berilah tanda X (silang) pada angka 1, 2, 3, 4, atau 5 sesuai dengan pengamatanmu!
No.
Indikator Penilaian
Skor Maksimum
Nilai
1.
Keaslian Gagasan/Ide
20

2.
Kreatifitas
20

3.
Keseimbangan
20

4.
Warna
20

5.
Komposisi
20


2.       Penilaian Sikap
Unsur-unsur Penilaian Perilaku
Skor Maksimum (9)
Peduli
(Skor 3)
Disiplin
(Skor 3)
Kerjasama
(Skor3)







Nilai : Skor perolehan/skor maksimum x 100

Mengetahui
Kepala Sekolah,


( DRS. H. ABDUL MUKTI AS, MM )


            Senin, 16 Juli 2018
           Guru Mapel Seni Budaya


          ( DRS. SLAMET PRIYADI )
       
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2
( RPP )

Satuan Pendidikan                         :     SMPIT Annur Cimande
Mata Pelajaran                               :     Seni Budaya/Seni Rupa
Kelas / Semester                            :     VII (Satu) / 1
Topik                                               :     Menggambar Flora, Fauna, dan Alam Benda
Pertemuan                                      :     Ke 2
Alokasi Waktu                                :     3 X  40 menit ( 1 kali pertemuan )

A.     KOMPETENSI INTI
KI 1               : Menerima, menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
         KI 2      : Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, dan motivasi internal, toleransi, pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
         KI 3      : Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata
         KI 4      : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori
B.      KOMPETENSI DASAR
1.1                Menerima, menanggapi, dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1                Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2                Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, dan santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3                Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1                Memahami konsep dan prosedur menggambar flora, fauna, dan benda alam
4.1                Menggambar flora, fauna, dan benda alam
C.      INDIKATOR
þ  Peserta didik melakukan kegiatan seni rupa yang melibatkan gagasan dan imajinasi media dua dan tiga dimensi dengan memperhatikan proporsi, komposisi,keseimbangan, dan gelap terang
þ  Peserta didik menyusun objek gambar sesuai dengan imajinasi dan perasaan
þ  Peserta didik harus berlatih dan sabar sampai menguasai bentuk dasar bagian-bagian dari objek yang digambar.
D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
þ  Setelah mempelajari Bab 1 peserta didik diharapkan peduli dan melakukan aktivitas berkesenian, yaitu
1. mendeskripsikan kekayaan flora dan fauna Indonesia,
2. mengidentifikasi keunikan flora dan fauna Indonesia,
3. mengeksplorasi flora, fauna, dan alam benda dalam bentuk gambar,
4. mengomunikasikan hasil karya seni rupa baik secara lisan maupun tulisan.
E.      MATERI PEMBELAJARAN
þ  Objek Menggambar
Menggambar tidak terpaku pada satu macam objek saja tetapi bisa mengambil dan menyusun objek gambar sesuai dengan imajinasi dan perasaan. Objek gambar bisa diambil dari alam seperti flora (tumbuhan), fauna (hewan), dan bentuk-bentuk alam benda yang dibuat manusia atau benda yang sudah ada sebelumnya di alam seperti batu, air, dan awan.
F.      Metode Pembelajaran
Pendekatan                :     Scientific
Metode                       :     Observasi dan diskusi
Model                         :     Problem Based Learning
G.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
þ  Alat & Media     :     Pensil, Pensil Warna, Krayon, Bolpoint,Kertas Gambar
þ  Sumber Belajar  :     Buku guru/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta:  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013
H.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Tahapan pokok
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
Orientasi siswa pada masalah
þ  Kegiatan awal pembelajaran, peserta didik bersama dengan guru dapat melakukan aktivitas pembelajaran berikut ini.
a.           Peserta didik bersama dengan guru mengamati melalui media dan sumber belajar baik berupa visual, maupun audio-visual tentang flora,             fauna, dan alam benda.
b.          Peserta didik mencari tahu dan saling menanyakan tentang flora, fauna, dan alam           benda.
10 menit
Inti
Mengorganisasi siswa dalam belajar
þ  Peserta didik bersama dengan guru dapat melakukan aktivitas pembelajaran berikut ini.
a.           Mengeksplorasi objek flora, fauna, dan alam benda dalam aktivitas menggambar.
b.          Mengasosiasi flora, fauna, dan alam benda dalam aktivitas menggambar.
60 Menit

Penutup
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
þ  Guru dapat melakukan evaluasi dan refleksi pada setiap pertemuan. Kegiatan evaluasi dan refleksi menekankan pada tiga aspek, yaitu pengetahuan yang telah diperoleh, menghubungkan sikap dengan materi pembelajaran, dan kemampuan psikomotorik atau keahlian dalam praktik menggambar flora, fauna, dan alam benda. Pada kegiatan refleksi, peserta didik sudah mampu menyimpulkan, menemukan kesulitan dan mengatasinya, menemukan keindahan serta keunikan menggambar flora, fauna, dan alam benda.
20 Menit
I.       PENILAIAN
A. Metode dan Bentuk Instrumen

         1. Penilaian Seni Rupa

Nama Peserta didik              :
Kelas                                       :
Praktik                                    :
P e t u n j u k
Berilah tanda X (silang) pada angka 1, 2, 3, 4, atau 5 sesuai dengan pengamatanmu!

No.
Indikator Penilaian
Skor Maksimum
Nilai
1.
Keaslian Gagasan/Ide
20

2.
Kreatifitas
20

3.
Keseimbangan
20

4.
Warna
20

5.
Komposisi
20


2.       Penilaian Sikap

Unsur-unsur Penilaian Perilaku
Skor Maksimum (9)
Peduli
(Skor 3)
Disiplin
(Skor 3)
Kerjasama
(Skor3)








Nilai : Skor perolehan/skor maksimum x 100


Mengetahui
Kepala Sekolah,



( DRS. H. ABDUL MUKTI AS, MM )


          Senin, 16 Juli  2018
          Guru Mapel Seni Budaya



          ( DRS. SLAMET PRIYADI )
         
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3
( RPP )

Satuan Pendidikan                         :     SMPIT Annur Cimande
Mata Pelajaran                               :     Seni Budaya/Seni Rupa
Kelas / Semester                            :     VII (Satu) / 1
Topik                                               :     Menggambar Flora, Fauna, dan Alam Benda
Pertemuan                                      :     Ke 3
Alokasi Waktu                                :     3 X  40 menit ( 1 kali pertemuan )

A.     KOMPETENSI INTI
KI 1               : Menerima, menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
         KI 2      : Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, dan motivasi internal, toleransi, pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
         KI 3      : Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata
         KI 4      : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori
B.      KOMPETENSI DASAR
1.1                Menerima, menanggapi, dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1                Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2                Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, dan santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3                Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1                Memahami konsep dan prosedur menggambar flora, fauna, dan benda alam
4.1                Menggambar flora, fauna, dan benda alam
C.      INDIKATOR
þ  Peserta didik melakukan kegiatan seni rupa yang melibatkan gagasan dan imajinasi media dua dan tiga dimensi dengan memperhatikan proporsi, komposisi,keseimbangan, dan gelap terang
þ  Peserta didik menyusun objek gambar sesuai dengan imajinasi dan perasaan
þ  Peserta didik harus berlatih dan sabar sampai menguasai bentuk dasar bagian-bagian dari objek yang digambar.
D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
þ  Setelah mempelajari Bab 1 peserta didik diharapkan peduli dan melakukan aktivitas berkesenian, yaitu
1. mendeskripsikan kekayaan flora dan fauna Indonesia,
2. mengidentifikasi keunikan flora dan fauna Indonesia,
3. mengeksplorasi flora, fauna, dan alam benda dalam bentuk gambar,
4. mengomunikasikan hasil karya seni rupa baik secara lisan maupun tulisan.
E.      MATERI PEMBELAJARAN
þ  Komposisi
Penempatan objek gambar sebenarnya dapat disusun sesuai dengan keinginan dan kreativitas yang peserta didik miliki. Sebelum objek gambar dibuat, sebaiknya peserta didik harus menentukan jenis benda yang akan digambar. Benda yang lebih besar tidak boleh menutupi benda yang lebih kecil.
Komposisi dalam menggambar dapat dibedakan dalam dua bentuk, yaitu: simetris dan asimetris. Komposisi simetris apabila objek yang akan digambar memiliki proporsi dan keseimbangan bentuk yang sama juga disusun sama. Komposisi asimetris jika objek gambar memiliki proporsi bentuk yang sama, tetapi keseimbangan berbeda, namun tetap memperhatikan keseimbangan dan keindahan.
F.      Metode Pembelajaran
Pendekatan                :     Scientific
Metode                       :     Observasi dan diskusi
Model                         :     Problem Based Learning
G.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
þ  Alat & Media     :     Pensil, Pensil Warna, Krayon, Bolpoint,Kertas Gambar
þ  Sumber Belajar  :     Buku guru/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta:  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013
H.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Tahapan pokok
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
Orientasi siswa pada masalah
þ  Kegiatan awal pembelajaran, peserta didik bersama dengan guru dapat melakukan aktivitas pembelajaran berikut ini.
a.           Peserta didik bersama dengan guru mengamati melalui media dan sumber belajar baik berupa visual, maupun audio-visual tentang flora,             fauna, dan alam benda.
b.          Peserta didik mencari tahu dan saling menanyakan tentang flora, fauna, dan alam           benda.
10 menit
Inti
Mengorganisasi siswa dalam belajar
þ  Peserta didik bersama dengan guru dapat melakukan aktivitas pembelajaran berikut ini.
a.           Mengeksplorasi objek flora, fauna, dan alam benda dalam aktivitas menggambar.
b.          Mengasosiasi flora, fauna, dan alam benda dalam aktivitas menggambar.
60 Menit

Penutup
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
þ  Guru dapat melakukan evaluasi dan refleksi pada setiap pertemuan. Kegiatan evaluasi dan refleksi menekankan pada tiga aspek, yaitu pengetahuan yang telah diperoleh, menghubungkan sikap dengan materi pembelajaran, dan kemampuan psikomotorik atau keahlian dalam praktik menggambar flora, fauna, dan alam benda. Pada kegiatan refleksi, peserta didik sudah mampu menyimpulkan, menemukan kesulitan dan mengatasinya, menemukan keindahan serta keunikan menggambar flora, fauna, dan alam benda.
20 Menit
I.       PENILAIAN
A. Metode dan Bentuk Instrumen

         1. Penilaian Seni Rupa

Nama Peserta didik              :
Kelas                                       :
Praktik                                    :
Petunjuk
Berilah tanda X (silang) pada angka 1, 2, 3, 4, atau 5 sesuai dengan pengamatanmu!

No.
Indikator Penilaian
Skor Maksimum
Nilai
1.
Keaslian Gagasan/Ide
20

2.
Kreatifitas
20

3.
Keseimbangan
20

4.
Warna
20

5.
Komposisi
20



        
2.       Penilaian Sikap

Unsur-unsur Penilaian Perilaku
Skor Maksimum (9)
Peduli
(Skor 3)
Disiplin
(Skor 3)
Kerjasama
(Skor3)








Nilai : Skor perolehan/skor maksimum x 100


Mengetahui
Kepala Sekolah,



( DRS. H. ABDUL MUKTI AS, MM )

Senin, 16 Juli 2018
Guru Mapel Seni Budaya



( DRS. SLAMET PRIYADI )




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 4
( RPP )

Satuan Pendidikan                         :     SMPIT Annur Cimande
Mata Pelajaran                               :     Seni Budaya/Seni Rupa
Kelas / Semester                            :     VII (Satu) / 1
Topik                                               :     Menggambar Flora, Fauna, dan Alam Benda
Pertemuan                                      :     Ke 4
Alokasi Waktu                                :     3 X  40 menit ( 1 kali pertemuan )

A.     KOMPETENSI INTI
KI 1               : Menerima, menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
         KI 2      : Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, dan motivasi internal, toleransi, pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
         KI 3      : Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata
         KI 4      : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori
B.      KOMPETENSI DASAR
1.1                Menerima, menanggapi, dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1                Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2                Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, dan santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3                Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1                Memahami konsep dan prosedur menggambar flora, fauna, dan benda alam
4.1                Menggambar flora, fauna, dan benda alam
C.      INDIKATOR
þ  Peserta didik melakukan kegiatan seni rupa yang melibatkan gagasan dan imajinasi media dua dan tiga dimensi dengan memperhatikan proporsi, komposisi,keseimbangan, dan gelap terang
þ  Peserta didik menyusun objek gambar sesuai dengan imajinasi dan perasaan
þ  Peserta didik harus berlatih dan sabar sampai menguasai bentuk dasar bagian-bagian dari objek yang digambar.
D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
þ  Setelah mempelajari Bab 1 peserta didik diharapkan peduli dan melakukan aktivitas berkesenian, yaitu
1. mendeskripsikan kekayaan flora dan fauna Indonesia,
2. mengidentifikasi keunikan flora dan fauna Indonesia,
3. mengeksplorasi flora, fauna, dan alam benda dalam bentuk gambar,
4. mengomunikasikan hasil karya seni rupa baik secara lisan maupun tulisan.
E.      MATERI PEMBELAJARAN
þ  Teknik
Proses menggambar sebenarnya dapat peserta didik mulai dengan cara yang sangat sederhana dan mudah dilakukan. Biasakan sebelum menggambar buatlah sketsa terlebih dahulu agar gambar memiliki komposisi, proporsi, dan keseimbangan yang baik. Beberapa tahapan yang harus dilakukan pada saat menggambar sebagai berikut.
1.            mengetahui bentuk dasar dari objek yang akan digambar,
2.            mengetahui bagian-bagian dari objek gambar,
3.            menyusun atau menyambung bagian per bagian menjadi gambar yang utuh,
4.            memberikan dimensi gelap terang baik hitam putih atau berwarna.
F.      Metode Pembelajaran
Pendekatan                :     Scientific
Metode                       :     Observasi dan diskusi
Model                         :     Problem Based Learning
G.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
þ  Alat & Media     :     Pensil, Pensil Warna, Krayon, Bolpoint,Kertas Gambar
þ  Sumber Belajar  :     Buku guru/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta:  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013
H.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Tahapan pokok
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
Orientasi siswa pada masalah
þ  Kegiatan awal pembelajaran, peserta didik bersama dengan guru dapat melakukan aktivitas pembelajaran berikut ini.
a.           Peserta didik bersama dengan guru mengamati melalui media dan sumber belajar baik berupa visual, maupun audio-visual tentang flora,             fauna, dan alam benda.
b.          Peserta didik mencari tahu dan saling menanyakan tentang flora, fauna, dan alam           benda.
10 menit
Inti
Mengorganisasi siswa dalam belajar
þ  Peserta didik bersama dengan guru dapat melakukan aktivitas pembelajaran berikut ini.
a.           Mengeksplorasi objek flora, fauna, dan alam benda dalam aktivitas menggambar.
b.          Mengasosiasi flora, fauna, dan alam benda dalam aktivitas menggambar.
60 Menit

Penutup
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
þ  Guru dapat melakukan evaluasi dan refleksi pada setiap pertemuan. Kegiatan evaluasi dan refleksi menekankan pada tiga aspek, yaitu pengetahuan yang telah diperoleh, menghubungkan sikap dengan materi pembelajaran, dan kemampuan psikomotorik atau keahlian dalam praktik menggambar flora, fauna, dan alam benda. Pada kegiatan refleksi, peserta didik sudah mampu menyimpulkan, menemukan kesulitan dan mengatasinya, menemukan keindahan serta keunikan menggambar flora, fauna, dan alam benda.
20 Menit
I.       PENILAIAN
A. Metode dan Bentuk Instrumen
         1. Penilaian Seni Rupa

Nama Peserta didik              :
Kelas                                       :
Praktik                                    :
P e t u n j u k                          :
Berilah tanda X (silang) pada angka 1, 2, 3, 4, atau 5 sesuai dengan pengamatanmu!

No.
Indikator Penilaian
Skor Maksimum
Nilai
1.
Keaslian Gagasan/Ide
20

2.
Kreatifitas
20

3.
Keseimbangan
20

4.
Warna
20

5.
Komposisi
20



         2.       Penilaian Sikap

Unsur-unsur Penilaian Perilaku
Skor Maksimum (9)
Peduli
(Skor 3)
Disiplin
(Skor 3)
Kerjasama
(Skor3)








Nilai : Skor perolehan/skor maksimum x 100


Mengetahui
Kepala Sekolah,



( DRS. H. ABDUL MUKTI AS, MM )


Senin, 16 Juli 2018
Guru Mapel Seni Budaya



( DRS. SLAMET PRIYADI )




 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 5
( RPP )

Satuan Pendidikan                         :     SMPIT Annur Cimande
Mata Pelajaran                               :     Seni Budaya/Seni Rupa
Kelas / Semester                            :     VII (Satu) / 1
Topik                                               :     Menggambar Flora, Fauna, dan Alam Benda
Pertemuan                                      :     Ke 5
Alokasi Waktu                                :     3 X  40 menit ( 1 kali pertemuan )

A.     KOMPETENSI INTI
KI 1               : Menerima, menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
         KI 2      : Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, dan motivasi internal, toleransi, pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
         KI 3      : Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata
         KI 4      : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori
B.      KOMPETENSI DASAR
1.1                Menerima, menanggapi, dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1                Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2                Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, dan santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3                Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1                Memahami konsep dan prosedur menggambar flora, fauna, dan benda alam
4.1                Menggambar flora, fauna, dan benda alam
C.      INDIKATOR
þ  Peserta didik melakukan kegiatan seni rupa yang melibatkan gagasan dan imajinasi media dua dan tiga dimensi dengan memperhatikan proporsi, komposisi,keseimbangan, dan gelap terang
þ  Peserta didik menyusun objek gambar sesuai dengan imajinasi dan perasaan
þ  Peserta didik harus berlatih dan sabar sampai menguasai bentuk dasar bagian-bagian dari objek yang digambar.
D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
þ  Setelah mempelajari Bab 1 peserta didik diharapkan peduli dan melakukan aktivitas berkesenian, yaitu
1. mendeskripsikan kekayaan flora dan fauna Indonesia,
2. mengidentifikasi keunikan flora dan fauna Indonesia,
3. mengeksplorasi flora, fauna, dan alam benda dalam bentuk gambar,
4. mengomunikasikan hasil karya seni rupa baik secara lisan maupun tulisan.
E.      MATERI PEMBELAJARAN
þ  Alat dan Media Gambar
Sebagai sarana belajar menggambar, alat dan media memiliki banyak variasi dan macamnya. Peserta didik bisa menggunakan pensil dengan bahan grafit, pensil warna, bolpoin, dan krayon. Setiap alat dan media tersebut memiliki karakter yang berbeda.
F.      Metode Pembelajaran
Pendekatan                :     Scientific
Metode                       :     Observasi dan diskusi
Model                         :     Problem Based Learning
G.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
þ  Alat & Media     :     Pensil, Pensil Warna, Krayon, Bolpoint,Kertas Gambar
þ  Sumber Belajar  :     Buku guru/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta:  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013
H.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Tahapan pokok
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
Orientasi siswa pada masalah
þ  Kegiatan awal pembelajaran, peserta didik bersama dengan guru dapat melakukan aktivitas pembelajaran berikut ini.
a.           Peserta didik bersama dengan guru mengamati melalui media dan sumber belajar baik berupa visual, maupun audio-visual tentang flora,             fauna, dan alam benda.
b.          Peserta didik mencari tahu dan saling menanyakan tentang flora, fauna, dan alam           benda.
10 menit
Inti
Mengorganisasi siswa dalam belajar
þ  Peserta didik bersama dengan guru dapat melakukan aktivitas pembelajaran berikut ini.
a.           Mengeksplorasi objek flora, fauna, dan alam benda dalam aktivitas menggambar.
b.          Mengasosiasi flora, fauna, dan alam benda dalam aktivitas menggambar.
60 Menit

Penutup
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
þ  Guru dapat melakukan evaluasi dan refleksi pada setiap pertemuan. Kegiatan evaluasi dan refleksi menekankan pada tiga aspek, yaitu pengetahuan yang telah diperoleh, menghubungkan sikap dengan materi pembelajaran, dan kemampuan psikomotorik atau keahlian dalam praktik menggambar flora, fauna, dan alam benda. Pada kegiatan refleksi, peserta didik sudah mampu menyimpulkan, menemukan kesulitan dan mengatasinya, menemukan keindahan serta keunikan menggambar flora, fauna, dan alam benda.
20 Menit
I.       PENILAIAN
A. Metode dan Bentuk Instrumen

         1. Penilaian Seni Rupa

Nama Peserta didik              :
Kelas                                       :
Praktik                                    :
Petunjuk
Berilah tanda X (silang) pada angka 1, 2, 3, 4, atau 5 sesuai dengan pengamatanmu!

No.
Indikator Penilaian
Skor Maksimum
Nilai
1.
Keaslian Gagasan/Ide
20

2.
Kreatifitas
20

3.
Keseimbangan
20

4.
Warna
20

5.
Komposisi
20



2.       Penilaian Sikap

Unsur-unsur Penilaian Perilaku
Skor Maksimum (9)
Peduli
(Skor 3)
Disiplin
(Skor 3)
Kerjasama
(Skor3)








Nilai : Skor perolehan/skor maksimum x 100


Mengetahui
Kepala Sekolah,



( DRS. H. ABDUL MUKTI AS, MM )


Senin, 16 Juli 2018
Guru Mapel Seni Budaya



( DRS. SLAMET PRIYADI )



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 6
( RPP )

Satuan Pendidikan                         :     SMPIT Annur Cimande
Mata Pelajaran                               :     Seni Budaya ( Seni Rupa )
Kelas / Semester                            :     VII (Satu) / 1
Topik                                               :     Menggambar Ragam Hias
Pertemuan                                      :     Ke 6
Alokasi Waktu                                :     3 X  40 menit ( 1 kali pertemuan )

A.     KOMPETENSI INTI
KI 1               : Menerima, menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
         KI 2      : Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, dan motivasi internal, toleransi, pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
         KI 3      : Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata
         KI 4      : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori
B.      KOMPETENSI DASAR
1.1                Menerima, menanggapi, dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1                Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2                Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, dan santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3                Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.2                Memahami konsep dan prosedur menggambar gubahan flora dan fauna serta geometris menjadi ragam hias
4.2                Memahami konsep dan prosedur menggambar gubahan flora dan fauna serta geometris menjadi ragam hias
C.      INDIKATOR
þ  Peserta didik melakukan kegiatan menggambar ragam hias dapat dilakukan dengan cara stilasi (digayakan) yang meliputi penyederhanaan bentuk dan perubahan bentuk (deformasi).
þ  Peserta didik memahami bentuk-bentuk flora (vegetal), fauna (animal), figural (manusia), dan bentuk geometris. Ragam hias tersebut dapat diterapkan pada media dua dan tiga dimensi
þ  Peserta didik mengetahu pola ragam hias.
D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Pada pelajaran Bab 2, peserta didik diharapkan peduli dan melakukan aktivitas berkesenian, yaitu
1. menjelaskan keragaman pada ragam hias Indonesia,
2. mengidentifikasi keunikan ragam hias Indonesia,
3. mengeksplorasi ragam hias flora, fauna, dan geometris dalam bentuk gambar, dan
4. mengomunikasikan hasil karya ragam hias baik secara lisan maupun tulisan.
E.      MATERI PEMBELAJARAN
þ  Pengertian Ragam Hias
Ragam hias disebut juga ornamen, merupakan salah satu bentuk karya seni rupa yang sudah berkembang sejak zaman prasejarah. Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki banyak ragam hias. Ragam hias di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu lingkungan alam, flora dan fauna serta manusia yang hidup di dalamnya.
Keinginan untuk menghias merupakan naluri atau insting manusia. Faktor kepercayaan turut mendukung berkembangnya ragam hias karena adanya perlambangan di balik gambar. Ragam hias memiliki makna karena disepakati oleh masyarakat penggunanya.
Menggambar ragam hias dapat dilakukan dengan cara stilasi (digayakan) yang meliputi penyederhanaan bentuk dan perubahan bentuk (deformasi).
F.      Metode Pembelajaran
Pendekatan                :     Scientific
Metode                       :     Observasi dan diskusi
Model                         :     Problem Based Learning
G.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
þ  Alat & Media     :     Pensil, Pensil Warna, Krayon, Bolpoint,Kertas Gambar
þ  Sumber Belajar  :     Buku guru/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta:  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013
H.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Tahapan pokok
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu


Pendahuluan
Orientasi siswa pada masalah
þ  Kegiatan awal pembelajaran, peserta didik bersama dengan guru dapat melakukan aktivitas pembelajaran berikut ini.
a.      mengamati melalui media dan sumber belajar baik berupa visual, maupun audio-visual tentang ragam hias dalam bentuk flora, fauna, dan geometris,
b.      menanyakan melalui diskusi baik kelompok kecil maupun kelompok besar tentang ragam hias dalam bentuk flora, fauna, dan geometris.
10 menit


Inti
Mengorganisasi siswa dalam belajar
þ  Kegiatan inti pembelajaran, peserta didik dan guru dapat melakukan aktivitas berikut:
a.      mengeksplorasi objek flora, fauna, dan geometris dalam aktivitas menggambar, Tujuan Pembelajaran Pada pelajaran Bab 2, peserta didik diharapkan peduli dan melakukan aktivitas berkesenian, yaitu
1.                 menjelaskan keragaman pada ragam hias Indonesia,
2.                 mengidentifikasi keunikan ragam hias Indonesia,
3.                 mengeksplorasi ragam hias flora, fauna, dan geometris dalam bentuk gambar, dan
4.                 mengomunikasikan hasil karya ragam hias baik secara lisan maupun tulisan.
b.      mengasosiasi ragam hias dalam bentuk flora, fauna, dan geometris dalam aktivitas menggambar.
60 Menit


Penutup
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
þ  Guru dapat melakukan evaluasi dan refleksi pada setiap pertemuan. Kegiatan evaluasi dan refleksi menekankan pada tiga aspek yaitu: pengetahuan yang telah diperoleh, menghubungkan sikap dengan materi pembelajaran, dan kemampuan psikomotorik atau keahlian dalam praktik menari.
þ  Pada kegiatan refleksi, peserta didik sudah bisa menyimpulkan kesulitan yang ditemukan, menyimpulkan keindahan, dan keunikan menggambar ragam hias flora, fauna, dan geometris.
20 Menit








I.       PENILAIAN
A. Metode dan Bentuk Instrumen

         1. Penilaian Seni Rupa

Nama Peserta didik              :
Kelas                                       :
Praktik                                    :
P e t u n j u k                          :
Berilah tanda X (silang) pada angka 1, 2, 3, 4, atau 5 sesuai dengan pengamatanmu!
No.
Indikator Penilaian
Skor Maksimum
Nilai
1.
Keaslian Gagasan/Ide
20

2.
Kreatifitas
20

3.
Keseimbangan
20

4.
Warna
20

5.
Komposisi
20


2.       Penilaian Sikap
Unsur-unsur Penilaian Perilaku
Skor Maksimum (9)
Peduli
(Skor 3)
Disiplin
(Skor 3)
Kerjasama
(Skor3)







Nilai : Skor perolehan/skor maksimum x 100

Mengetahui
Kepala Sekolah,



( DRS. H. ABDUL MUKTI AS, MM )


Senin, 16 JULI 2018
Guru Mapel Seni Budaya



( DRS. SLAMET PRIYADI )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"P U A S A" By Syaikh Abu Malik Kamal bin As Sayyid

http://kertasinga.blogspot.com-Senin, 05 April 2021-13:02 WIB Definisi Shiyam) 1 Shiyam dan shaum secara bahasa adalah menahan diri dari...

"KONTEN ENTRY BLOG"