Kertasinga.blogspot.com
Guru SMPIT Annur Cimande
Senin, 27 Agustus 2018 - 04:00 WIB
Catatan : Apa yang tertulis di
atas hanya sebagai acuan
bagi guru untuk memilih sumber belajar dan dapat disesuaikan dengan
kondisi masing-masing
Guru SMPIT Annur Cimande
Senin, 27 Agustus 2018 - 04:00 WIB
Drs. Slamet Priyadi (Guru Seni Budaya) |
SILABUS MATA PELAJARAN: SENI
BUDAYA
(SENI
MUSIK)
Satuan Pendidikan :
SMPT Islamic Boarding School Annur
Cimande
Kelas : VII / 7
Kompetensi Inti :
KI 1
: Menerima,
menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa
ingin tahu, percaya diri, dan motivasi internal, toleransi,
pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami pengetahuan faktual, konseptual,
dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
KI 4: Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung,
dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai
sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
1.1.Menerima, menanggapi dan
menghargai keragaman dan keunikan musik sebagai bentuk rasa syukur
terhadap anugerah Tuhan
2.1.Menunjukkan
sikap menghargai,jujur, disiplin,melalui aktivitas berkesenian
2.2. Menunjukkan
sikap bertanggung
jawab
peduli, dan santun terhadap karya musik dan penciptanya serta arrangernya
2.3. Menunjukkan
sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1.
Memahami teknik vokal dalam bernyanyi lagu secara
unisono
4.1. Menyanyikan
lagu secara unisono
|
Teknik Vokal dan bernyanyi unisono
|
Mengamati
· Mendengarkan lagu
yang dinyanyikan secara unisono secara langsung melalui media
elektronik
· Melihat partitur lagu satu suara
Menanyakan
· Menanyakan kemampuan suara
manusia dengan jenis partitur
suatu lagu.
· Menyanyakan hubungan mutu suara manusia dengan aspek kesehatan
· Menanyakan hubungan sikap dan
teknik bernyanyi dengan kejelasan ucapan dalam bernyanyi
Mengeksplorasi
·
Menyanyikan kalimat lagu dengan
bersenandung satu frase satu tarikan
nafas
·
Menyanyikan sebuah lagu secara
berturut-turut dengan perubahan nada dasar
·
Mengidentifikasi perubahan suara
pada remaja (Organ suara manusia)
·
Menyusun klipping
tentang pertunjukkan
musik vokal secara unison
Mengasosiasi
·
Membedakan bentuk kotak suara
manusia dengan tinggi rendahnya nada yang ditampilkan (warna suara)
·
Menunjukkan kualitas suara dengan
kebiasaan merokok dan pengaruhnya terhadap pita suara
Mengkomunikasi
· Menyanyikan
lagu dengan satu suara bersama-sama di
kelas
·
Mempresentasikan secara
lisan atau tulisan
kritik seni
|
Produk
Membuat
tulisan tentang kritik seni bernyanyi secara unisono
sebanyak 100 kata
Unjuk Kerja
Bernyanyi secara unisono
|
4 JP
|
Buku
Lagu Wajib lagu Nasional, Daerah dan Populer
Buku Paket Seni Budaya Kelas VII
Acara musik di
radio dan TV
DVD, VCD
|
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
1.1 Menerima, menanggapi dan
menghargai keragaman dan keunikan musik sebagai bentuk rasa syukur
terhadap anugerah Tuhan
2.1.Menunjukkan
sikap menghargai,jujur, disiplin,melalui aktivitas berkesenian
2.2. Menunjukkan
sikap bertanggung
jawab
peduli, dan santun terhadap karya musik dan penciptanya serta arrangernya
2.3. Menunjukkan
sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.2 Memahami teknik vokal
dalam bernyanyi lagu secara vokal group
4.2. Menyanyikan lagu secara vokal
group
|
Vokal Group
|
Mengamati
· Menyaksikan
pertunjukkan vocal group secara
langsung melalui media elektronik
· Mendengar lagu bentuk kanon
· Melihat partitur lagu untuk vokal grup
Menanyakan
· Menanyakan penggolongan suara manusia
dengan pembagian melodi suara satu, dua dan tiga
· Menanyakan mengapa perpaduan nada (akord) walau berbada nada terdengar
indah
· Menanyakan tentang alasan kekompakan sebagai hal
penting dalam vokal grup
Mengeksplorasi
· Menentukan pembagian suara dalam vokal
group dengan baik
dan benar
· Menyanyikan lagu dengan perubahan dinamika
Mengasosiasi
· Membandingkan
penampilan vokal group dalam membawakan lagu minor dengan suasana sedih,
syahdu dan penuh haru
· Membandingkan
penampilan vokal group dalam membawakan lagu ayor dengan suasana
riang, senang dan gembira
Mengkomunikasi
· Menampilkan pertunjukkan vokal group dalam kelas
· Membuat tulisan tentang kritik seni pertunjukan vokal grup
|
Unjuk Kerja
· Menyanyikan lagu kanon
· Menyanyikan lagu dua suara
· Menyanyikan lagu tiga suara
|
5JP
|
Buku
Lagu Wajib lagu Nasional, Daerah dan Populer
Buku Paket Seni Budaya Kelas VII
Acara musik di
radio dan TV
DVD, VCD
|
|
1.1.
Menerima, menanggapi dan
menghargai keragaman dan keunikan musik sebagai bentuk rasa syukur
terhadap anugerah Tuhan
2.1.Menunjukkan
sikap menghargai,jujur, disiplin,melalui aktivitas berkesenian
2.2. Menunjukkan
sikap bertanggung
jawab
peduli, dan santun terhadap karya musik dan penciptanya serta arrangernya
2.3. Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.3 Memahami teknik bermain musik sederhana secara perorangan dan kelompok
4.3 Memainkan instrumen musik sederhana secara perorangan dan
kelompok
|
Musik Ansambel
|
Mengamati :
· Menyaksikan
pertunjukkan kelompok musik secara langsung melalui media
elektronik
· Mendengarkan permainan musik ansambel
Menanyakan
· Menanyakan teknik bermain musik rimis
· Menanyakan
teknik bermain musik melodis
Mengeksplorasi
· Membagi
iringan lagu dalam kelompok musik dengan
baik dan benar
· Menggubah secara sederhana lagu-lagu yang akan dibawakan oleh kelompok musik
Mengasosiasi
· Membandingkan
kedisiplinan
dan kekompakan penampilan
kelompok musik dengan tentara
· Membandingkan suara yang bising latiahan musik tanpa pembimbing dengan
suasana riuh di pasar
Mengkomunikasi
· Menampilkan
pertunjukkan kelompok musik di dalam
kelas
· Mengiringi
lagu saat pertunjukkan kelompok music
·
Mempresentasikan secara
lisan atau tulisan
kritik seni
|
Unjuk Kerja
· Bermain Musik
ritmis
· Bermain musik melodis
|
4 JP
|
Buku
Lagu Wajib lagu Nasional, Daerah dan Populer
Buku Paket Seni Budaya Kelas VII
Acara musik di
radio dan TV
DVD, VCD
|
|
1.1 Menerima, menanggapi dan
menghargai keragaman dan keunikan musik sebagai bentuk rasa syukur
terhadap anugerah Tuhan
2.1.Menunjukkan
sikap menghargai,jujur, disiplin,melalui aktivitas berkesenian
2.2. Menunjukkan
sikap bertanggung
jawab
peduli, dan santun terhadap karya musik dan penciptanya serta arrangernya
2.3. Menunjukkan
sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.4 Memahami teknik bermain musik
ansambel sederhana
4.4
Memainkan musik ansambel
sederhana
|
Musik
Ansamble
|
Mengamati
Menyaksikan
pertunjukkan kelompok musik ansamble langsung melalui media pembelajaran
Menanyakan
Mendiskusikan
tentang penampilan kelompok musik ansamble yang dipertunjukkan
Eksplorasi
· Mendemonstrasikan
teknik permainan musik ansamble secara berkelompok dengan baik dan benar
· Membagi iringan musik lagu - lagu ansamble dalam masing-masing
kelompok
Mengasosiasi
Membandingkan
konsep pertunjukkan acara ansamble musik dengan sebuah pertunjukkan musik
Mengkomunikasi
· Mempertunjukkan musik ansamble secara
berkelompok di dalam kelas
·
Mempresentasikan secara
lisan atau tulisan
kritik seni
|
Produk
· Iringan
musik sederhana
Unjuk Kerja
· Bermain Musik
ansambel
campuran
|
5 JP
|
Buku
Lagu Wajib lagu Nasional, Daerah dan Populer
Buku Paket Seni Budaya Kelas VII
Acara musik di
radio dan TV
DVD, VCD
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar