kertasinga.blogspot.com-Guru SMPIT Annur Cimande Menulis
Selasa, 28 Agustus 2018 - 03:00 WIB
Selasa, 28 Agustus 2018 - 03:00 WIB
I. PERNYATAAN DAN TARGET NILAI
Saya yang bertanda tangan di bawah ini menyadari, bahwa
kunci utama peningkatan mutu pendidikan adalah sekolah, karena kegiatan proses
belajar mengajar ada di sekolah.
Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh guru dengan persyaratan yang utuh
sebagai misi seorang pendidik seperti :
- Persiapan mengajar
- Pembinaan budi pekerti peserta didik
- Kegiatan belajar mengajar yang terencana
- Evaluasi yang dilengkapi dengan perangkat lainnya seperti:
a.
Kisi-kisi
b.
Soal tes yang
baik
c.
Pelaksanaan tes
yang terprogram dan dilaksanakan tepat waktu.
- Penilaian yang obyektif
Sebagai tolok ukur keberhasilan pencapaian mutu
pendidikan oleh seorang guru adalah:
- Perubahan sikap pada peserta didik kearah yang lebih baik
- Kenaikan nilai pada setiap semester
- Kenaikan Nilai Ujian Nasional (NUN)
- Keberhasilan peserta didik lulus Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri
Untuk mencapai tujuan tersebut di atas, maka saya selaku
guru pengajar mata pelajaran, membuat daftar isian tentang target hasil yang
hendak dicapai pada akhir tiap semester dan tiap akhir tahun ajaran sebagai berikut:
Nama :
Drs Slamet Priyadi
Mengajar di kelas : VII & VIII
Mata Pelajaran : Seni budaya
Mempunyai target
perolehan nilai yang akan saya pertanggungjawabkan sebagai berikut:
I.
Nilai Ketuntasan
Belajar Minimal untuk kelas VII
A.
Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (Hasil analisis KKM)
1. KKM Semester I = 70.00
2. KKM Semester II = 70.00
B.
Nilai rata-rata
(Target Perolehan Nilai)
1. Nilai rata-rata (Target
Perolehan Nilai) Semester I = 75.00
2. Nilai rata-rata (Target
Perolehan Nilai) Semester II = 80.00
II.
Nilai Ketuntasan
Belajar Minimal untuk kelas VIII
A.
Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (Hasil analisis KKM)
1. KKM Semester I = 70.00
2. KKM Semester II = 70.00
B. Nilai rata-rata (Target Perolehan Nilai)
1.
Nilai rata-rata
(Target Perolehan Nilai) Semester I = 75.00
2. Nilai rata-rata (Target Perolehan Nilai) Semester II =
80.00
Bogor, 16 Juli 2018
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata
Pelajaran
( DRS. H. ABDULLAH
MUKTI AS, MM ) ( DRS. SLAMET PRIYADI )
— II. PROGRAM TAHUNAN —
Mata Pelajaran : Seni budaya /
Seni Rupa
Kelas : VII / 7
Satuan Pendidikan : SMPIT Annur Cimande
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menerima, menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri,
dan motivasi internal, toleransi, pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penomena dan
kejadian yang tampak mata.
KI 4: Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung,
dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai
sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.
SMT
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI WAKTU
|
1
2
|
S E M E S T E R 1
⍟1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman
dan keunikan karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan
sikap menghargai, jujur, disiplin,
melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertang-
gung jawab, peduli, dan
santun
terhadap
karya seni
rupa dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri , motivasi internal ,
kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1.
Memahami
konsep dan prosedur menggambar
flora, fauna dan benda alam
4.1.
Menggambar flora, fauna dan benda alam
⍟1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman
dan keunikan karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan
sikap menghargai, jujur, disiplin,
melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab,
peduli, dan santun terhadap karya seni
rupa dan pembuatnya
2.3
Menunjukkan sikap percaya diri
, motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.2.
Memahami
konsep dan prosedur menggambar gubahan flora dan fauna serta
geometrik menjadi ragam hias
4.2.
Menggambar gubahan flora dan fauna serta
geometrik menjadi ragam hias
S E M E S T E R 1
⍟1.1. Menerima, menanggapi dan
menghargai keragaman dan keunikan karya seni rupa sebagai bentuk
rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan
sikap menghargai, jujur, disiplin,
melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli,
dan santun terhadap karya seni rupa
dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri , motivasi internal ,
kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.3.
Memahami
konsep dan prosedur penerapan ragam hias pada bahan tekstil
4.3.
Menerapkan ragam hias pada bahan tekstil
|
⍟ Mengamati
·
Melihat gambar flora, fauna dan benda alam
·
Membaca buku tentang konsep dan prosedur menggambar flora, fauna
dan benda alam
Menanyakan
·
Menanyakan cara menggambar flora, fauna dan benda alam
·
Menanyakan
makna gambar pada flora, fauna dan benda alam di
masyarakat
Mengeksplorasi
·
Menghubungkan antara konsep dan prosedur menggambar flora, fauna, benda alam dengan budaya setempat
·
Mencari
konsep dan prosedur menggambar flora, fauna dan benda alam
dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
Mengasosiasi
·
Menunjukkan makna yang terkandung pada gambar flora, fauna dan benda alam dalam
kehidupan sosial budaya di masyarakat
·
Membandingkan
konsep dan prosedur menggambar flora, fauna
dan benda alam yang berkembang dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
Komunikasi
·
membuat
gambar flora,
fauna dan benda alam
·
menyampaikan hasil
pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
mempresentasikan secara lisan
atau tulisan
mengenai karya
yang dikerjakan.
⍟ Mengamati
· Melihat gambar ragam
hias flora dan fauna serta geometrik
· Membaca buku
tentang konsep dan prosedur menggambar
ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Menanyakan
· Menanyakan
cara menggambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
· Menanyakan makna
gambar ragam hias flora dan
fauna serta geometrik
· Mengeksplorasi
·
Mendiskusikan konsep dan prosedur menggambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·
Mencari makna ragam hias flora dan fauna serta
geometrik
Mengasosiasi
·
Menghubungkan antara konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik dengan budaya
setempat
·
Membandingkan
konsep dan prosedur gambar ragam hias flora
dan fauna serta geometrik yang berkembang dalam kehidupan sosial budaya di
masyarakat
Komunikasi
·
mengambar
ragam hias flora
dan fauna serta geometrik
·
menyampaikan hasil
pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
· mempresentasikan jawabkan secara lisan atau tulisan
mengenai karya
yang dikerjakan
⍟Mengamati
· Melihat gambar ragam hias
flora dan fauna serta geometrik
· Membaca buku
tentang konsep dan prosedur menggambar
ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Menanyakan
· Menanyakan
cara menggambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
· Menanyakan makna
gambar ragam hias flora dan
fauna serta geometrik
Mengeksplorasi
·
Mendiskusikan konsep dan prosedur menggambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·
Mencari makna ragam hias flora dan fauna serta
geometrik
Mengasosiasi
·
Menghubungkan antara konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik dengan budaya
setempat
·
Membandingkan
konsep dan prosedur gambar ragam hias flora
dan fauna serta geometrik yang berkembang dalam kehidupan sosial budaya di
masyarakat
Komunikasi
·
membuat
kriya tekstil dengan motif ragam hias
· menyampaikan hasil pengum-pulan dan simpulan informasi yang diperoleh dari mempre-sentasikan secara lisan atau tulisan
mengenai karya yang dikerjakan.
|
⍟
3 X 40 = 120
Menit
⍟ 3 x 40 = 120 menit
⍟ 3 X 40 = 120
Menit
|
|
⍟1.1. Menerima, menanggapi dan
menghargai keragaman dan keunikan karya seni rupa sebagai bentuk
rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan
sikap menghargai, jujur, disiplin,
melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab,
peduli, dan santun terhadap karya seni
rupa dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri , motivasi internal , kepedulian
terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.4.
Memahami
konsep dan prosedur penerapan ragam hias pada bahan tekstil
4.4.
Menerapkan ragam hias pada bahan tekstil
|
⍟Mengamati
· Melihat gambar ragam
hias flora dan fauna serta geometrik
· Membaca buku
tentang konsep dan prosedur menggambar
ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Menanyakan
· Menanyakan
cara menggambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
· Menanyakan makna
gambar ragam hias flora dan
fauna serta geometrik
Mengeksplorasi
·
Mendiskusikan konsep dan prosedur menggambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·
Mencari makna ragam hias flora dan fauna serta
geometrik
Mengasosiasi
·
Menghubungkan antara konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik dengan budaya
setempat
·
Membandingkan
konsep dan prosedur gambar ragam hias flora
dan fauna serta geometrik yang berkembang dalam kehidupan sosial budaya di
masyarakat
Komunikasi
·
membuat
kriya tekstil dengan motif ragam hias
· menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
mempresentasikan secara lisan
atau tulisan
mengenai karya
yang dikerjakan
|
⍟ 3 x 40 = 120 menit
|
Bogor, 16 Juli 2018
Mengetahui,
Kepala
SMPIT Annur Cimande Guru Mata
Pelajaran
(DRS. H. ABDUL MUKTI AS. MM) (DRS SLAMET PRIYADI)
—
III. PROGRAM
SEMESTER —
Mata Pelajaran : Seni budaya / Seni Rupa
Kelas : VII / 7
Satuan Pendidikan : SMPIT Annur Cimande
Tahun Pelajaran/Semester : 2018 – 2019 / Ganjil
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menerima, menanggapi,
dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri,
dan motivasi internal, toleransi, pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penomena dan
kejadian yang tampak mata.
KI 4: Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung,
dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai
sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.
SK
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pokok
|
Alokasi
Waktu
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
3.1
4.1
3.2
|
⍟ Memahami konsep dan prose-dur menggambar flora, fauna dan alam benda.
⍟Menggambar flora, fauna
dan benda alam
⍟ Memahami konsep dan prosedur menggambar gubahan
flora dan fauna serta geometrik menjadi ragam hias
|
1.
Konsep
dan teknik meng-gambar flora, dan fauna. tehnik pensil
2.
Menggambar
alam benda tehnik pensil warna.
1.
Menggambar disain batik motif daun dan bunga.
2.
Menggambardisain batik motif hewan dan
manusia.
1.
Perkembang-an
ragam hias Nusantara
2.
Menggambar
ragam hias motif tumpal
|
3JPx40=
120
(2 x TM)
3JPx40=
120
(2 x TM)
3JPx40=
120
(2Xtm)
3JPx40=
120
(2XTP)
3JPx40=
120
(1XTM)
3JPx40=
120
(2XTP)
|
|
|
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
SK
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Alokasi
Waktu
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
3.3
4.3
3.4
4.4
|
⍟ Memahami konsep dan prosedur penerapan ragam hias
pada bahan tekstil
⍟ Menerapkan ragam hias
pada bahan tekstil
⍟Memahami konsep dan prosedur penerapan ragam hias
pada bahan kayu
⍟ Menerapkan ragam hias
pada bahan kayu
|
⍟ ragam hias pada bahan tekstil
Tugas :
1.Perkembangan
Batik Nusantara
2.Menggambar disain batik
motif geometris
1.Membantik motif
geometrik
|
3JPx40=
120
(1 x TM)
3JPx40=
120
(1 x TM)
3JPx40=
120
(1XTM)
3JPx40=
120
(2Xtm)
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
|
x
|
x
|
|
|
|
Mengetahui, Bogor, 16 Juli 2018
Kepala Sekolah Guru
Mapel Seni Budaya
( DRS. H. ABDUL MUKTI
AS, MM ) ( DRS. SLAMET PRIYADI )
IV. PERHITUNGAN MINGGU EFEKTIF SELAMA SATU TAHUN
TAHUN PELAJARAN 2018 – 2019
No
|
Semester
|
Bulan
|
Jumlah
Minggu
|
Minggu
Efektif
|
Minggu
Tidak Efektif
|
Keterangan Libur
|
|
1
|
1
|
Juli
|
5
|
2
|
3
|
1. Lbr semester
2. Lbr idhul Fitri
|
|
2
|
Agustus
|
4
|
4
|
-
|
1.Lbr 17 Agust,
2.Lbr Idul Adha
|
||
3
|
September
|
4
|
4
|
-
|
1.Lbr Tahun Baru
1440 H
|
||
4
|
Oktober
|
5
|
5
|
-
|
|
||
5
|
November
|
4
|
4
|
-
|
1.Lbr Maulid Nabi
SAW
|
||
6
|
Desember
|
4
|
1
|
3
|
1.Bagi rapor,
2.lbr semester1
|
||
|
Jumlah
|
26
|
20
|
6
|
8
|
||
7
|
2
|
Januari
|
4
|
4
|
-
|
1. Lbr Tagun Baru
Masehi
|
|
8
|
Februari
|
4
|
4
|
-
|
1. Lbr tahun baru
Imlek
|
||
9
|
Maret
|
4
|
4
|
-
|
1. Lbr hari raya
Nyepi
|
||
10
|
April
|
4
|
4
|
-
|
1. Lbr Isro Mi’roj,
2. Lbr Pilpres
|
||
11
|
Mei
|
4
|
3
|
3
|
1.Lbr
Hari Buruh
2.Lbr
awal Ramadhan
3.Lbr
Hari Raya Waisak
|
||
12
|
Juni
|
4
|
3
|
1
|
1.Lbr hari lahir
Pancasila
2.Lbr Idhul Fitri
3.Lbr akhir tahun
|
||
|
Jumlah
|
25
|
16
|
10
|
18x2=36jam
|
||
Bogor, 16 Juli 2018
Mengetahui,
Kepala SMPIT
Annur Cimande Guru
Mata Pelajaran
(DRS.
H. ABDUL MUKTI AS, MM) (DRS. SLAMET PRIYADI)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar