Senin, 27 Agustus 2018

ADMINISTRASI PEMBELAJARAN GURU SMPIT ANNUR CIMANDE KLS VII TP 2018 /2019

kertasinga.blogspot.com-Guru SMPIT Annur Cimande Menulis
Selasa, 28 Agustus 2018 - 03:00 WIB

 
Guru-guru SMPIT Annur Cimande


I. PERNYATAAN DAN TARGET NILAI

Saya yang bertanda tangan di bawah ini menyadari, bahwa kunci utama peningkatan mutu pendidikan adalah sekolah, karena kegiatan proses belajar mengajar ada di sekolah.
Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh guru dengan persyaratan yang utuh sebagai misi seorang pendidik seperti :
  1. Persiapan mengajar
  2. Pembinaan budi pekerti peserta didik
  3. Kegiatan belajar mengajar yang terencana
  4. Evaluasi yang dilengkapi dengan perangkat lainnya seperti:
a.       Kisi-kisi
b.      Soal tes yang baik
c.       Pelaksanaan tes yang terprogram dan dilaksanakan tepat waktu.
  1. Penilaian yang obyektif
Sebagai tolok ukur keberhasilan pencapaian mutu pendidikan oleh seorang guru adalah:
  1. Perubahan  sikap pada peserta didik kearah yang lebih baik
  2. Kenaikan nilai pada setiap semester
  3. Kenaikan Nilai Ujian Nasional (NUN)
  4. Keberhasilan peserta didik lulus Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri
Untuk mencapai tujuan tersebut di atas, maka saya selaku guru pengajar mata pelajaran, membuat daftar isian tentang target hasil yang hendak dicapai pada akhir tiap semester dan tiap akhir tahun ajaran sebagai berikut:
Nama                                : Drs Slamet Priyadi
Mengajar di kelas            : VII & VIII
Mata Pelajaran                 : Seni budaya
Mempunyai target perolehan nilai yang akan saya pertanggungjawabkan sebagai berikut:
I.         Nilai Ketuntasan Belajar Minimal untuk kelas VII
A.                  Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (Hasil analisis KKM)
1.       KKM Semester I   = 70.00
2.       KKM Semester II               = 70.00
B.                  Nilai rata-rata (Target Perolehan Nilai)
1.    Nilai rata-rata (Target Perolehan Nilai) Semester I  = 75.00
2.    Nilai rata-rata (Target Perolehan Nilai) Semester II = 80.00
II.                   Nilai Ketuntasan Belajar Minimal untuk kelas VIII
A.      Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (Hasil analisis KKM)
1.       KKM Semester I             =  70.00
2.       KKM Semester II   =  70.00
B.      Nilai rata-rata (Target Perolehan Nilai)
1.       Nilai rata-rata (Target Perolehan Nilai) Semester I  = 75.00
2.       Nilai rata-rata (Target Perolehan Nilai) Semester II = 80.00

                                                                                      Bogor, 16 Juli 2018
 Mengetahui
      Kepala Sekolah                                                                             Guru Mata Pelajaran


( DRS. H. ABDULLAH MUKTI AS, MM )                                      ( DRS. SLAMET PRIYADI )



   II.  PROGRAM TAHUNAN

Mata Pelajaran                      :           Seni budaya   / Seni Rupa
Kelas                                       :           VII / 7
Satuan Pendidikan    :           SMPIT Annur Cimande                    
Tahun Pelajaran                    :           2018/2019
Kompetensi Inti                    :
 KI 1  : Menerima, menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
 KI 2 : Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, dan motivasi internal,  toleransi,  pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksi secara efektif  dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
 KI 3:  Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait  penomena dan kejadian yang tampak mata.
 KI 4:  Mencoba,  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.


SMT


     STANDAR KOMPETENSI


       KOMPETENSI  DASAR

ALOKASI WAKTU
 1













































































































  2































S E M E S T E R   1
1.1   Menerima, menanggapi dan menghargai  keragaman  dan keunikan karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1   Menunjukkan sikap  menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian 
2.2  Menunjukkan sikap bertang-
       gung jawab, peduli, dan
       santun  terhadap karya seni
       rupa dan pembuatnya
2.3   Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1.    Memahami  konsep dan prosedur menggambar flora, fauna dan benda alam
4.1.    Menggambar flora, fauna dan benda alam
                 






















1.1     Menerima, menanggapi  dan menghargai  keragaman  dan keunikan karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1   Menunjukkan sikap  menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian 
2.2   Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, dan santun  terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3   Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni

3.2.    Memahami   konsep dan prosedur   menggambar gubahan flora dan fauna serta geometrik menjadi ragam hias

4.2.    Menggambar gubahan flora dan fauna serta geometrik menjadi ragam hias


































S E M E S T E R   1
1.1.   Menerima, menanggapi dan menghargai  keragaman  dan keunikan karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1   Menunjukkan sikap  menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian 

2.2   Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, dan santun  terhadap karya seni rupa dan pembuatnya

2.3   Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni

3.3.    Memahami    konsep dan prosedur  penerapan ragam hias pada  bahan tekstil

4.3.    Menerapkan ragam hias pada  bahan tekstil




Mengamati
·     Melihat    gambar flora, fauna dan benda alam
·     Membaca buku tentang konsep dan prosedur   menggambar flora, fauna dan benda alam
Menanyakan
·     Menanyakan cara  menggambar flora, fauna dan benda alam
·     Menanyakan   makna  gambar  pada flora, fauna dan benda alam di masyarakat
Mengeksplorasi
·   Menghubungkan antara konsep dan prosedur menggambar flora, fauna, benda alam dengan budaya setempat
·   Mencari  konsep dan prosedur   menggambar flora, fauna dan benda alam dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
Mengasosiasi
·   Menunjukkan makna yang terkandung pada  gambar flora, fauna dan benda alam dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
·   Membandingkan  konsep dan prosedur menggambar flora, fauna dan benda alam yang berkembang dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
Komunikasi
·     membuat gambar flora, fauna dan benda alam
·     menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
mempresentasikan secara lisan  
atau  tulisan  mengenai  karya
yang dikerjakan.

Mengamati
·  Melihat    gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·  Membaca buku tentang konsep dan prosedur   menggambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Menanyakan
·  Menanyakan cara  menggambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·  Menanyakan   makna  gambar   ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·  Mengeksplorasi
·   Mendiskusikan konsep dan prosedur  menggambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·   Mencari makna ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Mengasosiasi
·     Menghubungkan antara konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik dengan budaya setempat
·       Membandingkan   konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik yang berkembang dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
Komunikasi
·     mengambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·     menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·     mempresentasikan jawabkan secara lisan atau  tulisan  mengenai  karya
yang dikerjakan
















Mengamati
·  Melihat  gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·  Membaca buku tentang konsep dan prosedur   menggambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Menanyakan
·  Menanyakan cara  menggambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·  Menanyakan   makna  gambar   ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Mengeksplorasi
·      Mendiskusikan konsep dan prosedur  menggambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·   Mencari makna ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Mengasosiasi
·     Menghubungkan antara konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik dengan budaya setempat
·       Membandingkan   konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik yang berkembang dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
Komunikasi
·   membuat kriya tekstil dengan motif ragam hias
·   menyampaikan hasil pengum-pulan dan simpulan informasi yang diperoleh dari mempre-sentasikan secara lisan atau  tulisan  mengenai  karya yang dikerjakan.


3 X 40 = 120
Menit














































3 x 40 = 120    menit






























































3 X 40 = 120
Menit












































 
1.1.   Menerima, menanggapi dan menghargai  keragaman  dan keunikan karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan

2.1   Menunjukkan sikap  menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian 

2.2   Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, dan santun  terhadap karya seni rupa dan pembuatnya

2.3   Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni

3.4.    Memahami    konsep dan prosedur  penerapan ragam hias pada  bahan tekstil

4.4.    Menerapkan ragam hias pada  bahan tekstil




















Mengamati
·  Melihat    gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·  Membaca buku tentang konsep dan prosedur   menggambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Menanyakan
·  Menanyakan cara  menggambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·  Menanyakan   makna  gambar   ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Mengeksplorasi
·      Mendiskusikan konsep dan prosedur  menggambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·   Mencari makna ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Mengasosiasi
·     Menghubungkan antara konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik dengan budaya setempat
·       Membandingkan   konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik yang berkembang dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat

Komunikasi
·   membuat kriya tekstil dengan motif ragam hias
·   menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
mempresentasikan secara lisan
atau  tulisan  mengenai  karya
yang dikerjakan
⍟ 3 x 40 = 120 menit









                                                                                                           

                                                                                                            Bogor, 16 Juli 2018
Mengetahui,                                                                                                 
Kepala SMPIT Annur Cimande                                                        Guru Mata Pelajaran




(DRS. H. ABDUL MUKTI AS. MM)                                                 (DRS SLAMET PRIYADI)                   


         
   III. PROGRAM SEMESTER 

Mata Pelajaran                      :        Seni budaya / Seni Rupa 
Kelas                                         :        VII / 7
Satuan Pendidikan               :        SMPIT Annur Cimande                
Tahun Pelajaran/Semester :        2018 – 2019 / Ganjil
Kompetensi Inti                    :
 KI 1  : Menerima, menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
 KI 2 : Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, dan motivasi internal,  toleransi,  pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksi secara efektif  dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
 KI 3:  Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait  penomena dan kejadian yang tampak mata.
 KI 4:  Mencoba,  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.

 SK
  Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Alokasi
Waktu
        Juli
    Agustus
  September
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
3.1








4.1







3.2
Memahami konsep dan prose-dur menggambar flora, fauna dan alam benda.




Menggambar flora, fauna dan benda alam





Memahami   konsep dan prosedur   menggambar gubahan flora dan fauna serta geometrik menjadi ragam hias




1.   Konsep dan teknik meng-gambar flora, dan fauna. tehnik pensil
2.   Menggambar  alam benda tehnik pensil warna.
1.    Menggambar disain batik motif daun dan bunga.
2.    Menggambardisain batik motif hewan dan manusia.
1.    Perkembang-an ragam hias Nusantara

2.    Menggambar
    ragam hias motif tumpal


3JPx40=
  120
(2 x TM)


3JPx40=
  120
(2 x TM)

3JPx40=
120
(2Xtm)

3JPx40=
120
(2XTP)

3JPx40=
120
(1XTM)


3JPx40=
120
(2XTP)





x
x





x





x














x









x














x













x






















x


























x






















x

 SK
Kompetensi Dasar
  Materi Pokok
Alokasi
Waktu
  Oktober      
 Nopember 
  Desember 
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
3.3





4.3




3.4





4.4
Memahami    konsep dan prosedur  penerapan ragam hias pada  bahan tekstil
Menerapkan ragam hias pada  bahan tekstil


Memahami konsep  dan prosedur penerapan ragam hias pada bahan kayu
Menerapkan ragam hias pada  bahan kayu


ragam hias pada  bahan tekstil
Tugas :
 1.Perkembangan
  Batik Nusantara
2.Menggambar disain batik motif geometris
1.Membantik motif geometrik
3JPx40=
  120
(1 x TM)

3JPx40=
  120
(1 x TM)

3JPx40=
120
(1XTM)

3JPx40=
120
(2Xtm)





x




x






x








x










x










x





x














x









x














x













x



























Mengetahui,                                                                           Bogor, 16  Juli 2018
Kepala Sekolah                                                                     Guru Mapel Seni Budaya


( DRS. H. ABDUL MUKTI AS, MM )                                ( DRS. SLAMET PRIYADI )



IV. PERHITUNGAN MINGGU EFEKTIF SELAMA SATU TAHUN
 TAHUN PELAJARAN 2018 – 2019

No
Semester
Bulan
Jumlah
Minggu
Minggu
Efektif
Minggu
Tidak Efektif
Keterangan Libur
1
1
Juli
5
2
3
1.    Lbr semester
2.    Lbr idhul Fitri
2
Agustus
4
4
-
1.Lbr 17 Agust, 2.Lbr Idul Adha
3
September
4
4
-
1.Lbr Tahun Baru 1440 H
4
Oktober
5
5
-

5
November
4
4
-
1.Lbr Maulid Nabi SAW
6
Desember
4
1
3
1.Bagi rapor,
2.lbr semester1

Jumlah
26
20
6
8
7
2
Januari
4
4
-
1. Lbr Tagun Baru Masehi
8
Februari
4
4
-
1. Lbr tahun baru Imlek
9
Maret
4
4
-
1. Lbr hari raya Nyepi
10
April
4
4
-
1. Lbr Isro Mi’roj,
2. Lbr Pilpres
11
Mei
4
3
3
1.Lbr Hari Buruh
2.Lbr awal Ramadhan
3.Lbr Hari Raya Waisak 
12
Juni
4
3
1
1.Lbr hari lahir Pancasila
2.Lbr Idhul Fitri
3.Lbr akhir tahun

Jumlah
25
16
10
18x2=36jam








                                                                                               
Bogor, 16 Juli 2018
Mengetahui,                                                                                                 
Kepala SMPIT Annur Cimande                                            Guru Mata Pelajaran
                                                                                                           

(DRS. H. ABDUL MUKTI AS, MM)                         (DRS. SLAMET PRIYADI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"P U A S A" By Syaikh Abu Malik Kamal bin As Sayyid

http://kertasinga.blogspot.com-Senin, 05 April 2021-13:02 WIB Definisi Shiyam) 1 Shiyam dan shaum secara bahasa adalah menahan diri dari...

"KONTEN ENTRY BLOG"