Guru SMPIT Annur Cimande Menulis
Minggu, 26 November 2017 - 15:28 WIB
Drs. Slamet Priyadi |
Guru
yang profesional adalah guru
yang mampu melakukan pembelajaran di kelas
secara efektif. Menurut Gary A. Davis
dan Margaret A. Thomas, ada empat kelompok besar ciri-ciri guru yang
efektif. Keempat kelompok itu terdiri dari:
Pertama, memiliki
kemampuan yang terkait dengan iklim belajar di kelas. Artinya guru mampu :
1. Memiliki keterampilan interpersonal,
khususnya kemampuan untuk menunjukkan empati,
penghargaan kepada siswa, dan
ketulusan;
2. Memiliki hubungan baik dengan siswa;
3. Mampu menerima, mengakui, dan memperhatikan
siswa secara tulus;
4. Menunjukkan minat dan antusias yang tinggi
dalam mengajar;
5. Mampu menciptakan atmosfir untuk tumbuhnya
kerja sama dan kohesivitas dalam dan antar kelompok siswa;
6. Mampu melibatkan siswa dalam
meng-organisasikan dan merencanakan kegiatan pembelajaran;
7. Mampu mendengarkan siswa dan menghargai hak
siswa untuk berbicara dalam setiap diskusi;
8. Mampu meminimal-kan friksi-friksi di kelas
jika ada.
Kedua, kemampuan
yang terkait dengan strategi manajemen pembelajaran, yang meliputi :
1.
Memiliki kemampuan untuk menghadapi dan menangani siswa
yang tidak memiliki perhatian, suka menyela, mengalihkan pembicaraan, dan mampu
memberikan transisi substansi bahan ajar dalam proses pembelajaran;
2.
Mampu bertanya atau memberikan tugas yang memerlukan
tingkatan berpikir yang berbeda untuk semua siswa.
Ketiga, memiliki kemampuan yang terkait
dengan pemberian umpan balik (feedback) dan penguatan (reinforcement) :
1. Mampu memberikan umpan balik yang positif
terhadap respon siswa;
2. Mampu memberikan respon yang bersifat
membantu terhadap siswa yang lamban belajar;
3. Mampu
memberikan tindak lanjut terhadap jawaban siswa yang kurang memuaskan;
4. Mampu memberikan bantuan profesional
kepada siswa jika diperlukan.
Keempat, memiliki kemampuan yang terkait
dengan peningkatan diri, terdiri dari:
1. Mampu
menerapkan kurikulum dan metode mengajar secara inovatif;
2. Mampu
memperluas dan menambah pengetahuan mengenai metode-metode pengajaran;
3. Mampu memanfaatkan perencanaan guru secara
kelompok untuk menciptakan dan mengembangkan metode pengajaran yang relevan.(SP091257 Ki Slamet 42 di Pangarakan
Bogor)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar