Minggu, 26 November 2017

^GURU PROFESIONAL"


Guru SMPIT Annur Cimande Menulis
Minggu, 26 November 2017 - 15:28 WIB

Image: "Drs. Slamet Priyadi ( Foto: Ki Slamet 42 )
Drs. Slamet Priyadi
Guru yang profesional adalah guru yang mampu melakukan pembelajaran di kelas secara efektif. Menurut Gary A. Davis dan Margaret A. Thomas, ada empat kelompok besar ciri-ciri guru yang efektif. Keempat kelompok itu terdiri dari:

Pertama, memiliki kemampuan yang terkait dengan iklim belajar di kelas. Artinya guru mampu :

1.  Memiliki keterampilan interpersonal, khususnya kemampuan untuk menunjukkan  empati,   penghargaan kepada siswa, dan ketulusan;
2.    Memiliki hubungan baik dengan siswa;
3.    Mampu menerima, mengakui, dan memperhatikan siswa secara tulus;
4.    Menunjukkan minat dan antusias yang tinggi dalam mengajar;
5.   Mampu menciptakan atmosfir untuk tumbuhnya kerja sama dan kohesivitas dalam dan antar kelompok siswa;
6.  Mampu melibatkan siswa dalam meng-organisasikan dan merencanakan kegiatan pembelajaran;
7.   Mampu mendengarkan siswa dan menghargai hak siswa untuk berbicara dalam setiap diskusi;
8.   Mampu meminimal-kan friksi-friksi di kelas jika ada.

Kedua, kemampuan yang terkait dengan strategi manajemen pembelajaran, yang meliputi :

1.      Memiliki kemampuan untuk menghadapi dan menangani siswa yang tidak memiliki perhatian, suka menyela, mengalihkan pembicaraan, dan mampu memberikan transisi substansi bahan ajar dalam proses pembelajaran;
2.      Mampu bertanya atau memberikan tugas yang memerlukan tingkatan berpikir yang berbeda untuk semua siswa.

Ketiga, memiliki kemampuan yang terkait dengan pemberian umpan balik (feedback) dan penguatan (reinforcement) :

1.   Mampu memberikan umpan balik yang positif terhadap respon siswa;
2.  Mampu memberikan respon yang bersifat membantu terhadap siswa yang lamban belajar;
3.   Mampu memberikan tindak lanjut terhadap jawaban siswa yang kurang memuaskan;
4.   Mampu memberikan bantuan profesional kepada siswa jika diperlukan.

Keempat, memiliki kemampuan yang terkait dengan peningkatan diri, terdiri dari:

1.   Mampu menerapkan kurikulum dan metode mengajar secara inovatif;
2. Mampu memperluas dan menambah pengetahuan mengenai metode-metode pengajaran;
3.  Mampu memanfaatkan perencanaan guru secara kelompok untuk menciptakan dan mengembangkan metode pengajaran yang relevan.(SP091257 Ki Slamet 42 di Pangarakan Bogor)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"P U A S A" By Syaikh Abu Malik Kamal bin As Sayyid

http://kertasinga.blogspot.com-Senin, 05 April 2021-13:02 WIB Definisi Shiyam) 1 Shiyam dan shaum secara bahasa adalah menahan diri dari...

"KONTEN ENTRY BLOG"