kertasinga.blogspot.com-Guru SMPIT Annur Cimande Menulis
Selasa, 28 Agustus 2018 - 03:00 WIB
 
                                                                                                            
         
 
 
 
                                                                                                
                                                                                                            
Selasa, 28 Agustus 2018 - 03:00 WIB
I. PERNYATAAN DAN TARGET NILAI
Saya yang bertanda tangan di bawah ini menyadari, bahwa
kunci utama peningkatan mutu pendidikan adalah sekolah, karena kegiatan proses
belajar mengajar ada di sekolah.
Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh guru dengan persyaratan yang utuh
sebagai misi seorang pendidik seperti :
- Persiapan mengajar
 - Pembinaan budi pekerti peserta didik
 - Kegiatan belajar mengajar yang terencana
 - Evaluasi yang dilengkapi dengan perangkat lainnya seperti:
 
a.      
Kisi-kisi
b.     
Soal tes yang
baik
c.      
Pelaksanaan tes
yang terprogram dan dilaksanakan tepat waktu.
- Penilaian yang obyektif
 
Sebagai tolok ukur keberhasilan pencapaian mutu
pendidikan oleh seorang guru adalah:
- Perubahan sikap pada peserta didik kearah yang lebih baik
 - Kenaikan nilai pada setiap semester
 - Kenaikan Nilai Ujian Nasional (NUN)
 - Keberhasilan peserta didik lulus Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri
 
Untuk mencapai tujuan tersebut di atas, maka saya selaku
guru pengajar mata pelajaran, membuat daftar isian tentang target hasil yang
hendak dicapai pada akhir tiap semester dan tiap akhir tahun ajaran sebagai berikut:
Nama                                :
Drs Slamet Priyadi
Mengajar di kelas            : VII & VIII
Mata Pelajaran                 : Seni budaya
Mempunyai target
perolehan nilai yang akan saya pertanggungjawabkan sebagai berikut:
I.        
Nilai Ketuntasan
Belajar Minimal untuk kelas VII
A.                 
Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (Hasil analisis KKM)
1.       KKM Semester I    = 70.00
2.       KKM Semester II               = 70.00
B.                 
Nilai rata-rata
(Target Perolehan Nilai)
1.    Nilai rata-rata (Target
Perolehan Nilai) Semester I  = 75.00
2.    Nilai rata-rata (Target
Perolehan Nilai) Semester II = 80.00
II.                  
Nilai Ketuntasan
Belajar Minimal untuk kelas VIII
A.     
Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (Hasil analisis KKM)
1.       KKM Semester I             =  70.00
2.       KKM Semester II   =  70.00
B.      Nilai rata-rata (Target Perolehan Nilai)
1.      
Nilai rata-rata
(Target Perolehan Nilai) Semester I  = 75.00
2.       Nilai rata-rata (Target Perolehan Nilai) Semester II =
80.00
                                                                                      Bogor, 16 Juli 2018
 Mengetahui
      Kepala Sekolah                                                                             Guru Mata
Pelajaran
( DRS. H. ABDULLAH
MUKTI AS, MM )                                      ( DRS. SLAMET PRIYADI )
—   II.  PROGRAM TAHUNAN —
Mata Pelajaran                      :           Seni budaya   /
Seni Rupa
Kelas                                       :           VII / 7
Satuan Pendidikan    :           SMPIT Annur Cimande                     
Tahun Pelajaran                    :           2018/2019
Kompetensi Inti                    :
 KI 1  : Menerima, menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
 KI 2 : Menghargai perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri,
dan motivasi internal,  toleransi,  pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksi
secara efektif  dengan lingkungan sosial
dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. 
 KI 3:  Memahami
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait  penomena dan
kejadian yang tampak mata.
 KI 4:  Mencoba, 
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung,
dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai
sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.
| 
    
SMT 
 | 
   
    
     STANDAR KOMPETENSI 
 | 
   
    
       KOMPETENSI  DASAR 
 | 
   
    
ALOKASI WAKTU 
 | 
  
| 
   
 1 
  2 
 | 
  
   
S E M E S T E R   1  
⍟1.1   Menerima, menanggapi dan menghargai  keragaman 
  dan keunikan karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan  
2.1   Menunjukkan
  sikap  menghargai, jujur, disiplin,
  melalui aktivitas berkesenian   
2.2  Menunjukkan sikap bertang- 
       gung jawab, peduli, dan  
       santun 
  terhadap
  karya seni 
       rupa dan pembuatnya 
2.3   Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal ,
  kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni 
3.1.   
  Memahami 
  konsep dan prosedur menggambar
  flora, fauna dan benda alam 
4.1.   
  Menggambar flora, fauna dan benda alam 
⍟1.1     Menerima, menanggapi  dan menghargai  keragaman 
  dan keunikan karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan  
2.1   Menunjukkan
  sikap  menghargai, jujur, disiplin,
  melalui aktivitas berkesenian   
2.2   Menunjukkan sikap bertanggung jawab,
  peduli, dan santun  terhadap karya seni
  rupa dan pembuatnya 
2.3  
  Menunjukkan sikap  percaya diri
  , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni 
3.2.   
  Memahami  
  konsep dan prosedur   menggambar gubahan flora dan fauna serta
  geometrik menjadi ragam hias 
4.2.   
  Menggambar gubahan flora dan fauna serta
  geometrik menjadi ragam hias 
S E M E S T E R   1 
⍟1.1.   Menerima, menanggapi dan
  menghargai  keragaman  dan keunikan karya seni rupa sebagai bentuk
  rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan  
2.1   Menunjukkan
  sikap  menghargai, jujur, disiplin,
  melalui aktivitas berkesenian   
2.2   Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli,
  dan santun  terhadap karya seni rupa
  dan pembuatnya 
2.3   Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal ,
  kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni 
3.3.   
  Memahami   
  konsep dan prosedur  penerapan ragam hias pada  bahan tekstil  
4.3.   
  Menerapkan ragam hias pada  bahan tekstil  
 | 
  
   
⍟ Mengamati 
·    
  Melihat    gambar flora, fauna dan benda alam 
·    
  Membaca buku tentang konsep dan prosedur   menggambar flora, fauna
  dan benda alam  
Menanyakan 
·    
  Menanyakan cara  menggambar flora, fauna dan benda alam  
·    
  Menanyakan  
  makna  gambar  pada flora, fauna dan benda alam di
  masyarakat 
Mengeksplorasi 
·  
  Menghubungkan antara konsep dan prosedur menggambar flora, fauna, benda alam dengan budaya setempat 
·  
  Mencari 
  konsep dan prosedur   menggambar flora, fauna dan benda alam
  dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat 
Mengasosiasi 
·  
  Menunjukkan makna yang terkandung pada  gambar flora, fauna dan benda alam dalam
  kehidupan sosial budaya di masyarakat 
·  
  Membandingkan 
  konsep dan prosedur menggambar flora, fauna
  dan benda alam yang berkembang dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat 
Komunikasi 
·    
  membuat
  gambar flora,
  fauna dan benda alam  
·    
  menyampaikan hasil
  pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh 
mempresentasikan secara lisan   
atau  tulisan 
  mengenai  karya  
yang dikerjakan. 
⍟ Mengamati 
·  Melihat    gambar ragam
  hias flora dan fauna serta geometrik 
·  Membaca buku
  tentang konsep dan prosedur   menggambar 
  ragam hias flora dan fauna serta geometrik  
Menanyakan 
·  Menanyakan
  cara  menggambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik  
·  Menanyakan   makna 
  gambar   ragam hias flora dan
  fauna serta geometrik 
·  Mengeksplorasi 
·  
  Mendiskusikan konsep dan prosedur  menggambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik  
·  
  Mencari makna ragam hias flora dan fauna serta
  geometrik  
Mengasosiasi 
·    
  Menghubungkan antara konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik dengan budaya
  setempat 
·      
  Membandingkan  
  konsep dan prosedur gambar ragam hias flora
  dan fauna serta geometrik yang berkembang dalam kehidupan sosial budaya di
  masyarakat  
Komunikasi 
·    
  mengambar
  ragam hias flora
  dan fauna serta geometrik  
·    
  menyampaikan hasil
  pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh 
·     mempresentasikan jawabkan secara lisan atau  tulisan 
  mengenai  karya  
yang dikerjakan 
⍟Mengamati 
·  Melihat  gambar ragam hias
  flora dan fauna serta geometrik 
·  Membaca buku
  tentang konsep dan prosedur   menggambar 
  ragam hias flora dan fauna serta geometrik  
Menanyakan 
·  Menanyakan
  cara  menggambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik  
·  Menanyakan   makna 
  gambar   ragam hias flora dan
  fauna serta geometrik  
Mengeksplorasi 
·     
  Mendiskusikan konsep dan prosedur  menggambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik  
·  
  Mencari makna ragam hias flora dan fauna serta
  geometrik  
Mengasosiasi 
·    
  Menghubungkan antara konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik dengan budaya
  setempat 
·      
  Membandingkan  
  konsep dan prosedur gambar ragam hias flora
  dan fauna serta geometrik yang berkembang dalam kehidupan sosial budaya di
  masyarakat  
Komunikasi 
·  
  membuat
  kriya tekstil dengan motif ragam hias 
·   menyampaikan hasil pengum-pulan dan simpulan informasi yang diperoleh dari mempre-sentasikan secara lisan atau  tulisan 
  mengenai  karya yang dikerjakan. 
 | 
  
   
⍟
  3 X 40 = 120  
Menit 
⍟ 3 x 40 = 120    menit 
⍟ 3 X 40 = 120  
Menit 
 | 
 
| 
   | 
  
   
⍟1.1.   Menerima, menanggapi dan
  menghargai  keragaman  dan keunikan karya seni rupa sebagai bentuk
  rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan  
2.1   Menunjukkan
  sikap  menghargai, jujur, disiplin,
  melalui aktivitas berkesenian   
2.2   Menunjukkan sikap bertanggung jawab,
  peduli, dan santun  terhadap karya seni
  rupa dan pembuatnya 
2.3   Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian
  terhadap lingkungan dalam berkarya seni 
3.4.   
  Memahami   
  konsep dan prosedur  penerapan ragam hias pada  bahan tekstil  
4.4.   
  Menerapkan ragam hias pada  bahan tekstil  
 | 
  
   
⍟Mengamati 
·  Melihat    gambar ragam
  hias flora dan fauna serta geometrik 
·  Membaca buku
  tentang konsep dan prosedur   menggambar 
  ragam hias flora dan fauna serta geometrik  
Menanyakan 
·  Menanyakan
  cara  menggambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik  
·  Menanyakan   makna 
  gambar   ragam hias flora dan
  fauna serta geometrik  
Mengeksplorasi 
·     
  Mendiskusikan konsep dan prosedur  menggambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik  
·  
  Mencari makna ragam hias flora dan fauna serta
  geometrik  
Mengasosiasi 
·    
  Menghubungkan antara konsep dan prosedur gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik dengan budaya
  setempat 
·      
  Membandingkan  
  konsep dan prosedur gambar ragam hias flora
  dan fauna serta geometrik yang berkembang dalam kehidupan sosial budaya di
  masyarakat  
Komunikasi 
·  
  membuat
  kriya tekstil dengan motif ragam hias 
·   menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh  
mempresentasikan secara lisan  
atau  tulisan 
  mengenai  karya  
yang dikerjakan 
 | 
  
   
⍟ 3 x 40 = 120 menit 
 | 
 
                                                                             
                              Bogor, 16 Juli 2018
Mengetahui,                                                                                                  
Kepala
SMPIT Annur Cimande                                                        Guru Mata
Pelajaran 
(DRS. H. ABDUL MUKTI AS. MM)                                                  (DRS SLAMET PRIYADI)                    
—  
 III. PROGRAM
SEMESTER —  
Mata Pelajaran                      :        Seni budaya / Seni Rupa  
Kelas                                         :        VII / 7
Satuan Pendidikan               :        SMPIT Annur Cimande                 
Tahun Pelajaran/Semester :        2018 – 2019 / Ganjil
Kompetensi Inti                    :
 KI 1  : Menerima, menanggapi,
dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
 KI 2 : Menghargai perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri,
dan motivasi internal,  toleransi,  pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksi
secara efektif  dengan lingkungan sosial
dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. 
 KI 3:  Memahami
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait  penomena dan
kejadian yang tampak mata.
 KI 4:  Mencoba, 
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung,
dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai
sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.
| 
   
 SK 
 | 
  
   
  Kompetensi Dasar 
 | 
  
   
Materi
  Pokok 
 | 
  
   
Alokasi
   
Waktu 
 | 
  
   
        Juli 
 | 
  
   
    Agustus  
 | 
  
   
  September  
 | 
 ||||||||||||
| 
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
5 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
5 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
5 
 | 
 ||||
| 
   
3.1 
4.1 
3.2 
 | 
  
   
⍟ Memahami konsep dan prose-dur menggambar flora, fauna dan alam benda. 
⍟Menggambar flora, fauna
  dan benda alam 
⍟ Memahami   konsep dan prosedur   menggambar gubahan
  flora dan fauna serta geometrik menjadi ragam hias 
 | 
  
   
1.  
  Konsep
  dan teknik meng-gambar flora, dan fauna. tehnik pensil  
2.  
  Menggambar 
  alam benda tehnik pensil warna. 
1.   
  Menggambar disain batik motif daun dan bunga. 
2.   
  Menggambardisain batik motif hewan dan
  manusia. 
1.   
  Perkembang-an
  ragam hias Nusantara 
2.   
  Menggambar 
    ragam hias motif tumpal 
 | 
  
   
3JPx40= 
 
  120 
(2 x TM) 
3JPx40= 
 
  120 
(2 x TM) 
3JPx40= 
120 
(2Xtm) 
3JPx40= 
120 
(2XTP) 
3JPx40= 
120 
(1XTM) 
3JPx40= 
120 
(2XTP) 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
x 
 | 
  
   
x 
 | 
  
   
x 
 | 
  
   
x 
 | 
  
   
x 
 | 
  
   
x 
 | 
  
   | 
  
   
x 
 | 
  
   
x 
 | 
  
   
x 
 | 
  
   
x 
 | 
  
   
x 
 | 
 
| 
   
 SK 
 | 
  
   
Kompetensi
  Dasar 
 | 
  
   
  Materi Pokok 
 | 
  
   
Alokasi
   
Waktu 
 | 
  
   
  Oktober        
 | 
  
   
 Nopember 
   
 | 
  
   
  Desember 
   
 | 
 ||||||||||||
| 
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
5 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
5 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
5 
 | 
 ||||
| 
   
3.3 
4.3 
3.4 
4.4 
 | 
  
   
⍟ Memahami    konsep dan prosedur  penerapan ragam hias
  pada  bahan tekstil  
⍟ Menerapkan ragam hias
  pada  bahan tekstil  
⍟Memahami konsep  dan prosedur penerapan ragam hias
  pada bahan kayu 
⍟ Menerapkan ragam hias
  pada  bahan kayu 
 | 
  
   
⍟ ragam hias pada  bahan tekstil  
Tugas : 
 1.Perkembangan 
  Batik Nusantara 
2.Menggambar disain batik
  motif geometris 
1.Membantik motif
  geometrik  
 | 
  
   
3JPx40= 
 
  120 
(1 x TM) 
3JPx40= 
 
  120 
(1 x TM) 
3JPx40= 
120 
(1XTM) 
3JPx40= 
120 
(2Xtm) 
 | 
  
   
x 
 | 
  
   
x 
 | 
  
   
x 
 | 
  
   
x 
 | 
  
   
x 
 | 
  
   
x 
 | 
  
   
x 
 | 
  
   
x 
 | 
  
   
x 
 | 
  
   | 
  
   
x 
 | 
  
   
x 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
Mengetahui,                                                                           Bogor, 16  Juli 2018
Kepala Sekolah                                                                     Guru
Mapel Seni Budaya
( DRS. H. ABDUL MUKTI
AS, MM )                                ( DRS. SLAMET PRIYADI )
IV. PERHITUNGAN MINGGU EFEKTIF SELAMA SATU TAHUN
 TAHUN PELAJARAN 2018 – 2019
| 
   
No 
 | 
  
   
Semester 
 | 
  
   
Bulan 
 | 
  
   
Jumlah 
Minggu 
 | 
  
   
Minggu 
Efektif 
 | 
  
   
Minggu 
Tidak Efektif 
 | 
  
   
Keterangan Libur 
 | 
 |
| 
   
1 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
Juli 
 | 
  
   
5 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
1.    Lbr semester 
2.    Lbr idhul Fitri 
 | 
 |
| 
   
2 
 | 
  
   
Agustus 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
- 
 | 
  
   
1.Lbr 17 Agust,
  2.Lbr Idul Adha  
 | 
 ||
| 
   
3 
 | 
  
   
September 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
- 
 | 
  
   
1.Lbr Tahun Baru
  1440 H 
 | 
 ||
| 
   
4 
 | 
  
   
Oktober 
 | 
  
   
5 
 | 
  
   
5 
 | 
  
   
- 
 | 
  
   | 
 ||
| 
   
5 
 | 
  
   
November 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
- 
 | 
  
   
1.Lbr Maulid Nabi
  SAW 
 | 
 ||
| 
   
6 
 | 
  
   
Desember 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
1.Bagi rapor,  
2.lbr semester1  
 | 
 ||
| 
   | 
  
   
Jumlah 
 | 
  
   
26 
 | 
  
   
20 
 | 
  
   
6 
 | 
  
   
8 
 | 
 ||
| 
   
7 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
Januari 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
- 
 | 
  
   
1. Lbr Tagun Baru
  Masehi 
 | 
 |
| 
   
8 
 | 
  
   
Februari 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
- 
 | 
  
   
1. Lbr tahun baru
  Imlek 
 | 
 ||
| 
   
9 
 | 
  
   
Maret 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
- 
 | 
  
   
1. Lbr hari raya
  Nyepi 
 | 
 ||
| 
   
10 
 | 
  
   
April 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
- 
 | 
  
   
1. Lbr Isro Mi’roj, 
2. Lbr Pilpres 
 | 
 ||
| 
   
11 
 | 
  
   
Mei 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
1.Lbr
  Hari Buruh 
2.Lbr
  awal Ramadhan 
3.Lbr
  Hari Raya Waisak   
 | 
 ||
| 
   
12 
 | 
  
   
Juni 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
1.Lbr hari lahir
  Pancasila 
2.Lbr Idhul Fitri 
3.Lbr akhir tahun 
 | 
 ||
| 
   | 
  
   
Jumlah 
 | 
  
   
25 
 | 
  
   
16 
 | 
  
   
10 
 | 
  
   
18x2=36jam 
 | 
 ||
Bogor, 16 Juli 2018
Mengetahui,                                                                                                  
Kepala SMPIT
Annur Cimande                                            Guru
Mata Pelajaran 
(DRS.
H. ABDUL MUKTI AS, MM)                         (DRS. SLAMET PRIYADI)

Tidak ada komentar:
Posting Komentar