Guru SMPIT Annur Cimande Menulis
Minggu, 26 November 2017 - 15:28 WIB
![]()  | 
| Drs. Slamet Priyadi | 
Guru
yang profesional adalah guru
yang mampu melakukan pembelajaran di kelas
secara efektif. Menurut Gary A. Davis
dan Margaret A. Thomas, ada empat kelompok besar ciri-ciri guru yang
efektif. Keempat kelompok itu terdiri dari:
Pertama, memiliki
kemampuan yang terkait dengan iklim belajar di kelas. Artinya guru mampu :
1.  Memiliki keterampilan interpersonal,
khususnya kemampuan untuk menunjukkan  empati,
  penghargaan kepada siswa, dan
ketulusan; 
2.    Memiliki hubungan baik dengan siswa;
3.    Mampu menerima, mengakui, dan memperhatikan
siswa secara tulus; 
4.    Menunjukkan minat dan antusias yang tinggi
dalam mengajar;
5.   Mampu menciptakan atmosfir untuk tumbuhnya
kerja sama dan kohesivitas dalam dan antar kelompok siswa;
6.  Mampu melibatkan siswa dalam
meng-organisasikan dan merencanakan kegiatan pembelajaran; 
7.   Mampu mendengarkan siswa dan menghargai hak
siswa untuk berbicara dalam setiap diskusi; 
8.   Mampu meminimal-kan friksi-friksi di kelas
jika ada.
Kedua, kemampuan
yang terkait dengan strategi manajemen pembelajaran, yang meliputi : 
1.     
Memiliki kemampuan untuk menghadapi dan menangani siswa
yang tidak memiliki perhatian, suka menyela, mengalihkan pembicaraan, dan mampu
memberikan transisi substansi bahan ajar dalam proses pembelajaran;
2.     
Mampu bertanya atau memberikan tugas yang memerlukan
tingkatan berpikir yang berbeda untuk semua siswa.
Ketiga, memiliki kemampuan yang terkait
dengan pemberian umpan balik (feedback) dan penguatan (reinforcement) : 
1.   Mampu memberikan umpan balik yang positif
terhadap respon siswa;
2.  Mampu memberikan respon yang bersifat
membantu terhadap siswa yang lamban belajar; 
3.   Mampu
memberikan tindak lanjut terhadap jawaban siswa yang kurang memuaskan;
4.   Mampu memberikan bantuan profesional
kepada siswa jika diperlukan.
Keempat, memiliki kemampuan yang terkait
dengan peningkatan diri, terdiri dari: 
1.   Mampu
menerapkan kurikulum dan metode mengajar secara inovatif; 
2. Mampu
memperluas dan menambah pengetahuan mengenai metode-metode pengajaran; 
3.  Mampu memanfaatkan perencanaan guru secara
kelompok untuk menciptakan dan mengembangkan metode pengajaran yang relevan.(SP091257 Ki Slamet 42 di Pangarakan
Bogor)

Tidak ada komentar:
Posting Komentar